Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paruh Musim MotoGP 2023, 50 Persen Pebalap Cedera

Kompas.com - 10/07/2023, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – MotoGP 2023 tengah memasuki libur musim panas alias istirahat paruh musim. Selama kurang lebih lima minggu para pebalap istirahat, sampai MotoGP Inggris yang bakal digelar 6 Agustus mendatang.

Dilansir dari Ride Apart (9/7/2023), kejuaraan MotoGP saat ini dirusak oleh gelombang cedera yang memprihatinkan. Di mana sebanyak 50 persen dari total seluruh pebalap MotoGP musim ini sedang cedera.

Banyaknya rider yang cedera menimbulkan pertanyaan tentang keselamatan pebalap dan peran penyelenggara kejuaraan, Dorna Sports.

Baca juga: Awas Razia Kendaraan, Mulai Besok Ada Operasi Patuh 2023

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Tercatat dari 22 pebalap di grid, 12 pebalap sedang cedera. Sementara itu, beberapa di antaranya berapa sudah pulih dari cedera karena insiden di dalam maupun di luar lintasan.

Jorge Martin, yang saat ini menempati peringkat kedua klasemen kejuaraan dunia, baru-baru ini membagikan foto dari tempat tidur setelah operasi.

Martin mengungkapkan bahwa dia telah berjuang melawan sindrom kompartemen di betis kanannya, masalah yang telah berlangsung selama beberapa waktu.

Baca juga: Ubah Mesin Standar Jadi 2 Silinder, Segini Biayanya

Parahnya, Martin menambah daftar pebalap yang mengalami cedera, dengan jumlah pebalap yang tidak fit sekarang menjadi 13 rider.

Selain itu, ada juga cedera di luar balapan seperti yang terjadi pada Aleix Espargaro yang mengalami kecelakaan latihan dengan dua patah tulang.

Lalu, Fabio Quartararo yang mengalami cedera saat berlatih di Amsterdam sebelum GP Assen, dengan patah tulang jempol kaki kiri, yang membutuhkan pembedahan untuk mengatasinya.

Baca juga: Pengorbanan Jack Miller, 30 Tulang Patah Selama Jadi Pebalap

Miguel Oliveira mengalami insiden kecelakaan dengan Fabio Quartararo pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit JerezDok. @88migueloliveira Miguel Oliveira mengalami insiden kecelakaan dengan Fabio Quartararo pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez

Seperti diketahui, berubahnya format MotoGP cukup diterima dengan baik oleh para penggemar. Misalnya, dengan kehadiran Sprint Race yang digelar sebelum balapan utama.

Meski begitu, format MotoGP terbaru memunculkan beragam situasi berbahaya yang dihadapi oleh pebalap. Sejauh ini, Dorna belum mengomentari atau mengedit format MotoGP 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com