Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal SIM Keliling di Jakarta Akhir Pekan Ini

Kompas.com - 09/07/2023, 07:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pengguna kendaraan bermotor wajib memiliki dan membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) ketika berkendara di jalan. Kartu identitas ini berlaku selama lima tahun dan diperpanjang setiap tahunnya.

Perpanjangan bdapat dilakukan di berbagai layanan, salah satunya SIM Keliling yang disebar di berbagai titik. Khusus wilayah DKI Jakarta, pada akhir pekan ini layanan tersebar di 4 lokasi.

Layanan SIM Keliling di Jakarta hari ini siap melayani masyarakat perpanjangan SIM A dan SIM C dan beroperasi mulai pukul 08.00 WIB sampai 14.00 WIB.

Baca juga: Membandingkan Sensasi Berkendara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Layanan SIM keliling di IIMS Hybrid 2022, Senin (4/4/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Layanan SIM keliling di IIMS Hybrid 2022, Senin (4/4/2022)

SIM Keliling Jakarta hari ini hanya melayani permohonan perpanjangan SIM A dan C yang dapat dilakukan sebelum masa berlaku habis. Jika masa berlaku SIM habis diberlakukan penerbitan seperti SIM Baru.

Dilansir laman resmi NTMCPolri, berikut lokasi SIM Keliling di Jakarta pada Minggu, 9 Juli 2023;

1. Jakarta Timur: Mall Grand Cakung
2. Jakarta Selatan: Kampus Trilogi Kalibata
3. Jakarta Barat: Mall Citraland & LTC Glodok
4. Jakarta Pusat: Kantor Pos Lapangan Banteng

Baca juga: Kenapa Mobil Bisa Mogok Mendadak?

Biaya perpanjangan SIM di layanan ini, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, yaitu Rp 80.000 untuk perpanjang masa berlaku SIM A dan Rp 75.000 untuk SIM C.

Syarat perpanjangan SIM A atau C sebagai berikut:

1. Foto Kopi KTP yang masih berlaku,
2. Foto Kopi SIM lama dan SIM asli,
3. Bukti Cek Kesehatan,
4. Bukti Tes Psikologi.

Adapun untuk cara perpanjang masa berlaku SIM di layanan SIM Keliling, para pemohon harus melakukan pendaftaran untuk perpanjangan lebih dahulu.

Baca juga: Alasan Kenapa Dimensi Toilet di Bus Dibuat Kecil

Antrean perpanjang SIMStanly Antrean perpanjang SIM

Lalu petugas akan memberikan formulir untuk diisi oleh pemohon sesuai data diri. Agar proses pengisian lebih cepat, disarankan membawa alat tulis sendiri.

Setelah pengisian data diri selesai, formulir diserahkan kembali kepada petugas. Tunggulah antrean sampai nama dipanggil oleh petugas.

Pemohon akan dipanggil untuk masuk ke dalam mobil layanan guna mengikuti tes kesehatan. Setelah itu, pemohon melanjutkan ke tahap berikutnya yakni untuk mengambil foto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com