Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Mobil Bisa Mogok Mendadak?

Kompas.com - 08/07/2023, 13:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Berkendara menggunakan mobil menjadi aktivitas yang membutuhkan mental kuat. Pasalnya, segala sesuatu bisa terjadi di jalan bahkan termasuk mobil mogok tiba-tiba.

Sebagai orang awam, tentu mobil mogok tiba-tiba cukup menakutkan terlebih lagi kejadian berada di jalanan sepi. Maka sebisa mungkin menghindari peristiwa mogok ini.

Lantas, kenapa bisa mobil mogok secara mendadak?

Baca juga: Gara-gara Benda Kecil Ini Tuas Matik Macet dan Mobil Mogok

Jumper aki mobil merupakan cara penanganan darurat mobil mogok disebabkan aki tekor. Kompas.com Jumper aki mobil merupakan cara penanganan darurat mobil mogok disebabkan aki tekor.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan secara umum penyebab mobil mogok adalah dua dari tiga hal yang dapat menyebabkan mesin bakar bekerja.

“Jika faktor mesin dapat bekerja adalah kompresi, bensin dan pengapian, maka mobil mendadak mati, hanya ada dua kemungkinan penyebabnya,” kata Bambang dikutip dari Kompas.com, Sabtu (8/7/2023).

Bambang menyebutkan jika dilihat secara umum, mobil yang mogok mendadak saat melaju bisa karena faktor bensin atau pengapiannya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Matik Mogok Tidak Boleh Ditarik?

Bensin menjadi sumber bahan bakar mesin, saat bensin habis, maka mobil akan mati. Selain karena bensin kosong atau habis, bensin yang tersumbat, bocor, atau pompa lemah juga menjadi penyebab mobil mogok mendadak.

Selain BBM, pengapian juga bisa menyebabkan mesin mogok mendadak. Seperti yang diketahui, bahan bakar bisa terbakar hanya bila terdapat percikan bunga api. Untuk mengetahui apa penyebabnya secara tepat, mobil perlu di bawa ke bengkel untuk diperiksa oleh ahli.

“Bisa saja businya, koil pengapian, kabel busi dan sejenisnya, sedangkan kompresi sih tidak mungkin jadi penyebab, mobil tidak akan mati mendadak. Ini karena kompresi mengandalkan sistem mekanikal,” ucap Bambang.

Baca juga: Mogok di Tol Jangan Panik, Ini Cara Pakai Layanan Derek Mobil

Bambang juga menyebutkan kasus mobil mogok mendadak adalah hal yang umum. Bahkan, berbagai jenis mobil, baik itu mobil lawas atau baru juga berpotensi mengalami mogok mendadak.

Baik sistem pengapian atau bahan bakar memang bisa mengalami masalah secara tiba-tiba, meski sebelumnya kondisinya baik-baik saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com