Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korlantas Gelar Operasi Patuh pada 10-23 Juli 2023

Kompas.com - 06/07/2023, 06:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Korlantas Polri memastikan bakal menggelar Operasi Patuh pada Juli 2023. Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, diadakan Latihan pra Operasi Patuh 2023 di gedung NTMC Polri.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi yang diwakili Kombes Pol Eddy Djunaedi, mengatakan, harus ada perubahan sebelum melaksanakan setiap operasi.

Menurutnya, dari hasil anev yang didapat, masih ada masyarakat atau pengguna jalan yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas.

Baca juga: Benarkah Teknologi Nikuba Bisa Mengubah Air Menjadi Bahan Bakar?

Salah seorang pengendara diberi imbauan oleh polisi saat Operasi Patuh Lodaya 2022 di Jalan Arteri Karawang, Jumat (17/6/2022).KOMPAS.COM/FARIDA Salah seorang pengendara diberi imbauan oleh polisi saat Operasi Patuh Lodaya 2022 di Jalan Arteri Karawang, Jumat (17/6/2022).

“Latpraops salah satu fungsinya untuk mengetahui bagaimana cara bertindak antara Korlantas dan jajaran serta Operasi Patuh ini berguna bagi kita dan masyarakat. Operasi Patuh akan digelar pada tanggal 10 hingga 23 Juli mendatang,” ujar Eddy, disitat dari NTMC Polri (5/7/2023).

“Golnya menciptakan Kamseltibcarlantas lebih patuh dan tertib. Sebelum operasi Mantap Brata, terlebih dahulu kita melaksanakan Operasi Patuh ini. Terkait dengan larangan, petugas tidak perlu takut penegakkan hukum selama mengikuti aturan dan SOP yang ada dan tidak ada melakukan penindakan sendiri,” kata dia.

Kabagops menambahkan, kepatuhan dan ketertiban dijalan tidak hanya penegakkan hukum, namun bisa melalui Dikmas, teguran dan imbauan yang humanis.

Baca juga: Yamaha Gear 125 Dapat Baju Baru, Harga Tembus Rp 19 Jutaan

Dalam operasi kali ini tidak diharapkan adanya komplain dari masyarakat serta petugas tidak menjadi pemantik atau pemicu indeks kepuasan masyarakat menurun.

“Kedua, sekecil apapun hindari kegiatan kontraproduktif. Ingat simpatik dan humanis, senyum dan salam meskipun ada penegakkan hukum,” ucap Eddy.

“Tema yang diangkat bukan hanya untuk masyarakat tapi juga untuk petugas. Saya percaya dengan operasi yang sudah ada seluruhnya berjalan dengan optimal, harapannya mendapat apresiasi dan pengungkit indeks kepercayaan masyarakat,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com