Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Lokasi 20 Lampu Lalu Lintas dengan Teknologi AI di Jakarta

Kompas.com - 05/07/2023, 08:32 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta resmi mengoperasikan lampu lalu lintas yang sudah dilengkapi teknlogi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) pada 20 persimpangan di Ibu Kota.

Teknologi ini digunakan untuk membantu mengurangi kemacetan. Sebab, waktu pergantian lalu lintas bisa secara pintar diatur sesuai kondisi dari kepadatan kendaraan.

"Ada 20 simpang yang sudah menerapkan prinsip AI dengan intelligent transport system di traffic light (lampu lalu lintas)," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangannya, Senin (3/7/2023).

Baca juga: Kejadian Lagi, Kecelakaan Motor Matik di Turunan Akibat Rem Blong

Lampu lalu lintas di persimpangan jalan yang membantu kontrol arus kendaraan juga membantu pejalan kaki untuk melintas. pixabay.com Lampu lalu lintas di persimpangan jalan yang membantu kontrol arus kendaraan juga membantu pejalan kaki untuk melintas.

Ia menjelaskan, penerapan kecerdasan buatan cukup berpengaruh dalam memantau dan melakukan pengaturan waktu di lampu lalu lintas berdasarkan informasi basis data internal Google.

Selain itu, penerapan AI juga dapat memperkuat fungsi sistem manajemen lalu lintas (adaptif forces) yang dijalankan dan menghitung secara aktual volume lalu lintas di simpang.

Sehingga, dengan teknologi tersebut Dishub DKI dapat mengetahui vc ratio atau perbandingan antara kapasitas jalan dengan kepadatan lalu lintas di jalan tersebut.

Selanjutnya, keberadaan teknologi AI di lampu lalu lintas ini, bisa memberikan prioritas terhadap angkutan umum, seperti TransJakarta.

Contohnya, sistem AI akan membaca secara otomatis jika TransJakarta lewat akan diberikan prioritas lampu hijau untuk melintas duluan.

Baca juga: Pertamina dan Shell Naik, Berikut Daftar Harga BBM Juli 2023

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dan jajarannya meninjau ruang kontrol teknologi AI Lampu Lalu Lintas di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Selasa (4/7/2023).KOMPAS.com/Tria Sutrisna Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dan jajarannya meninjau ruang kontrol teknologi AI Lampu Lalu Lintas di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Selasa (4/7/2023).

"Jadi itu dihitung kepadatan (kendaraannya). Kalau yang padat (lampu merah) ke hijaunya dipercepat. Yang kosong lampunya dimerahin," kata Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam kesempatan terpisah.

"Kata Pak Kadis (Perhubungan), ini mempermudah pemantauan kemacetan, memperlancar 15 persen ya efisiensi, 15 - 20 persen efisiensi kemacetan," lanjutnya.

Berikut 20 persimpangan yang sudah menerapkan lampu lalu lintas AI:

1. Jl. Jembatan 2 Raya - Jl. Tubagus Angke
2. Jl. Kyai Tapa- Jl. Daan Mogot (Grogol)
3. Jl. S Parman - Jl. Tomang Raya
4. Jl. S.Parman - Jl. KS.Tubun- Jl. Gatot Subroto (Slipi)
5. Jl. Gatot Subroto - Jl Rasuna Said (Kuningan)
6. Jl. Gatot Subroto - Jl.Supomo (Pancoran)
7. Jl. MT haryono - Jl. sutoyo (Cawang Uki)
8. Jl. DI Panjaitan - Jl. kalimalang
9. Jl. Ahmad yani - Jl. Utan Kayu (Rawamangun)
10. Jl. Ahmad Yani- Jl. Pemuda - Jl. Pramuka
11. Jl. Ahmad Yani - Jl. H.Ten
12. Jl. Perintis Kemerdekaan - Jl. Letjen Suprapto
13. Jl. Senen Raya - Jl. Kwitang (Senen)
14. Jl. Gunung Sahari - Jl Wahidin
15. Jl. Gunung Sahari - Jl. Dokter Sutomo (MBAL)
16. Jl. Gunung Sahari - Jl Angkasa - jl Samanhudi
17. Jl. Gunung Sahari - Jl. Mangga Besar (kartini)
18. Jl. Gunung Sahari - Jl. Pangeran Jayakarta
19. Jl. Gunung Sahari - Jl. Mangga Dua
20. Jl. Perniagaan Raya - Jl. Pasar pagi flyover (Jembatan Lima)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com