Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi 2 Motor Listrik Baru Viar dengan 70 Persen Komponen Lokal

Kompas.com - 29/06/2023, 14:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viar Motor Indonesia memperkenalkan dua motor listrik baru untuk meramaikan pasar sepeda motor ramah lingkungan. 

Keduanya adalah, Viar NX dan Viar EV1 yang punya tampilan berbeda, namun dengan selisih harga yang tipis.

Sebagai perusahaan lokal yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah, Viar mengaku model baru yang diproduksi memiliki kandungan komponen lokal yang tinggi.

Franky Osmond, Marketing Communications Manager Viar Motor Indonesia, mengklaim angka kandungan lokalnya menyentuh 70 persen.

Baca juga: Pengendara Motor Meninggal Terempas Ban Truk Pecah di Rumpin

Motor listrik Viar NX diperkenalkan di Jakarta Fair 2023. Desainnya futuristik dan mengkotakKompas.com/Daafa Motor listrik Viar NX diperkenalkan di Jakarta Fair 2023. Desainnya futuristik dan mengkotak

“Memang angka itu berdasarkan penghitungan kami (Viar), sekitar 60 persen sampai 70 persen. Dua motor listrik baru ini masih dalam proses uji tipe TKDN, tapi kami yakin sekali angkanya bisa tinggi,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (28/6/2023).

Bicara mengenai spesifikasi, Viar NX jadi varian termurah dengan banderol Rp 13,3 juta. Motor ini mengusung desain futuristik dengan bentuk tegas dan mengkotak di bagian bodi dan headlamp.

Viar NX dibekali baterai tanam jenis Super Graphene berkapasitas 60V 20Ah dengan daya jelajan sejauh 60 kilometer.

Daya motornya sebesar 2.000 watt dan menggunakan penggerak jenis hub-drive yang menghasilkan kecepatan maksimal 50 kpj.

Baca juga: Modifikasi Digital Toyota Vellfire, Pakai Fender Subaru WRX

Tampilan belakang Viar EV1 yang mirip skutik eropaKOMPAS.com/daafa Tampilan belakang Viar EV1 yang mirip skutik eropa

Sedangkan Viar EV1, spesifikasinya sedikit lebih unggul dan mengusung tampilan retro layaknya skutik Eropa. Banderolnya Rp 15,3 juta.

Motor listrik ini dibekali baterai super graphene berkapasitas 72v 20Ah dan daya jelajah sejauh 70 kilometer. Selain jarak tempuh, spesifikasi lainnya serupa dengan Viar NX.

“Kedua unit motor listrik ini memang dikhususkan untuk mobilitas jarak dekat saja, jadi kecepatannya dibatasi 50 kpj,” ucapnya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com