Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta Wajib Matikan AC Saat Mobil Melaju Kencang?

Kompas.com - 28/06/2023, 11:22 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Saat mobil melaju kencang, terkadang pengemudi membutuhkan untuk memacu mesin dalam mode putaran tinggi. Terlebih lagi, saat menginjak pedal gas secara spontan, putaran mesin menjadi lebih tinggi dari biasanya.

Sementara itu, kompresor AC dapat menyambung dan memutus secara otomatis menyesuaikan kebutuhan. Ketika suhu kabin suda tercapai target, otomatis kompresor akan berhenti bekerja dan aktif kembali begitu dibutuhkan.

Peristiwa tersebut dikhawatirkan dapat membuat kompresor AC cepat rusak karena terjadi gaya gesek lebih tinggi saat magnetic clutch aktif bertepatan dengan putaran mesin yang tinggi. Maka dari itu, muncul anggapan saat kecepatan tinggi AC mobil wajib dimatikan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Asap Rokok Dapat Merusak Komponen AC Mobil?

Kompresor AC mobilKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Kompresor AC mobil

Mekanik Aha Motor Yogyakarta Nova mengatakan, pengemudi tidak perlu khawatir dengan kompresor rusak bila tidak mematikan AC saat mobil dipacu kencang.

“Ketika terjadi pertautan kopling pada saat putaran mesin tinggi maka bisa saja itu membuat magnetic clutch cepat aus dan panas, tapi sebenarnya ada sistem keamanan yang melengkapinya,” ucap Nova kepada Kompas.com, Rabu (28/6/2023).

Nova mengatakan, ketika pedal gas diinjak secara spontan maka otomatis magnetic clutch akan terputus sebagai pengaman, begitu putaran mesin stabil baru AC aktif lagi.

Baca juga: Waktu Ideal Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Panel ACKompas.com/Erwin Setiawan Panel AC

Sedangkan ketika laju kendaraan sudah kencang bisa saja putaran mesin tidak terlalu tinggi karena transmisi masuk pada percepatan maksimal.

“Sebenarnya tidak perlu mematikan AC mobil meski mobil melaju kencang, selain ada pengaman akselerasi, selama pertautan atau pelepasan tidak terjadi pada putaran tinggi akan aman-aman saja,” ucap Nova.

Bahkan Nova juga mengatakan beberapa mobil sudah dilengkapi dengan tipe kompresor tanpa magnetic clutch, tapi menggunakan katup khusus.

Baca juga: Ini Dampak jika Oli Kompresor AC Mobil Jarang Diganti

“Ada kompresor yang berputar terus-menerus seiring putaran mesin, tapi ada katup yang mengatur tekanan freon sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan,” ucap Nova.

Sehingga, memang tidak ada aturan yang mengharuskan untuk mematikan AC saat mobil melaju kencang, meski ada potensi terjadi putaran mesin tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com