Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waspada, Marak Aksi Pencurian Ban dan Pelek Mobil di Kota Medan

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan ban mobil yang hilang karena digondol oleh pencuri. Tak hanya satu kejadian, insiden ini menimpa lebih dari satu pemilik mobil di Medan, Sumatera Utara.

Seperti video yang diunggah oleh akun Instagram Medan Talk, Selasa (28/6/2023). Dalam rekaman tersebut terlihat mobil Honda Mobilio berkelir putih kehilangan dua ban dan peleknya, saat terparkir di kawasan Petisah, Medan. Bahkan mobil masih sempat diganjal batu oleh pelaku.

Kejadian lainnya juga terjadi di kota Medan. Dalam unggahan akun Instagram Worldcarstuff terlihat pemilik mobil kehilangan salah satu ban, saat tengah melakukan ibadah di salah satu gereja.

Insiden hilang ban seperti ini memang bukan yang pertama kali terjadi. Untuk itu pemilik kendaraan sebaiknya lebih berhati-hati agar kejadian ini tidak terulang.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, untuk membongkar satu set ban dan pelek memang hal yang mudah dilakukan oleh para pencuri.

“Apalagi sekarang tersedia alat buka baut roda sudah ada yang portable yang pakai baterai saja, seperti contoh Impact Wrench, jadi makin gampang. Demikian juga dongkraknya, sudah banyak dijual yang elektrik,” lanjut Zulpata.

Maka dari itu, Zulpata menyarankan pemilik mobil untuk waspada terutama ketika memarkir kendaraan.

“Pilih parkir di tempat yang agak ramai, seperti dekat pos penjagaan, dekat pintu keluar atau semacamnya. Alarm guncangan juga bisa diaktifkan, atau tambah baut roda yang bisa di kunci,” ucap Zulpata.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/28/144100515/waspada-marak-aksi-pencurian-ban-dan-pelek-mobil-di-kota-medan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke