Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Perlu Studi Bikin Ujian Praktik SIM C yang Ideal

Kompas.com - 28/06/2023, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satpas SIM sedang menunggu petunjuk dan arahan soal pernyataan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang meminta mengkaji ulang ujian praktik pembuatan SIM di jalur berbentuk zig-zag dan angka delapan.

Sebelumnya, Kapolri mengatakan, ujian SIM saat ini seperti permainan sirkus. Dia kemudian meminta jajaranya agar ujian praktik SIM dalam hal ini SIM C dipermudah supaya tidak menyulitkan masyarakat.

Baca juga: SMK Binaan AHM Persiapkan Alumni Masuk Dunia Industri

Kanit Regident Satpas SIM Polres Metro Bekasi AKP Evo Rudi Laksono mengatakan, sebagai pelaksana, saat ini pihaknya sedang menunggu aturan mengenai apakah jalur berbentuk zig-zag dan angka delapan akan dihapus atau diganti dengan model lain.

Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polres Metro BekasiKOMPAS.com/Gilang Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polres Metro Bekasi

"Kemungkinan ganti pola. Karena Pak Kapolri statemen itu dikaji ulang. Perlu tidak angka delapan dan zig-zag, mungkin pimpinan kami pasti ketika ada statemen itu sudah mulai merancang untuk trek praktik ini bagaimana agar sesuai dengan teritorial," kata Rudi yang ditemui di Cikarang, Selasa (27/6/2023).

Bicara ujian seperti apa yang ideal kata Rudi, maka hal itu perlu studi lebih dulu. Rudi tidak bisa bicara banyak yang melewati kapasitasnya, namun memastikan Polri dalam hal ini pasti memikirkan yang terbaik.

"Kalau ideal pasti ada telahan dulu, ada artinya studi banding. Kalau kita mengacu pada Thailand atau yang cuma trek lurus Taiwan mungkin ada studi banding," kata Rudi.

Baca juga: Lelang Mobil Drift, Toyota Corolla AE86 Dibanderol Mulai Rp 49 juta

Ujian praktek SIM C angka delapan di Polres Metro Bekasi KOMPAS.com/Gilang Ujian praktek SIM C angka delapan di Polres Metro Bekasi

"Para impinan kami pasti mencari sesuatu hal sesuai statemen pak Kapolri, polanya kami belum tahu tapi yang pasti akan diubah dimudahkan. Karena itu ukurannya standar seluruhnya sama Satpas, luas panjangnya trek, kemudian lebarnya trek," kata dia.

Rudi mengatakan, perlu waktu sebelum aturan baru benar-benar dilaksanakan.

"Jadi perlu ada telaah kemudian pimpinan kami menyiapkan aturan atau mode. Bagaimana sih mode baru pasti ada launching pasti ada sosialiasi di media sosial," ujar dia.

Baca juga: Balai Lelang Ini Sukses Jual Lebih dari 100.000 Kendaraan Bekas

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dalam acara Pusat Misi Internasional Polri, di Serpong Utara, Tangerang Selatan, Rabu (31/5/2023).KOMPAS.com/FIRDA JANATI Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dalam acara Pusat Misi Internasional Polri, di Serpong Utara, Tangerang Selatan, Rabu (31/5/2023).

Seperti diberitakan sebelumnya, ujian praktik pembuatan SIM di jalur berbentuk zig-zag dan angka delapan menjadi sorotan.

Kapolri Sigit mengatakan ujian itu seperti permainan sirkus dan kemudian meminta jajarannya untuk melakukan pengkajian ulang.

“Saya kira ini yang di sini kalau saya uji dengan tes yang ada ini mungkin dari 200 ini yang lulus paling 20, bener enggak?” kata Listyo Sigit, dilansir dari Kompas.com, Jumat (23/6/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com