Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Macet, Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Libur Idul Adha 2023

Kompas.com - 28/06/2023, 06:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) memprediksi akan terjadi lonjakkan arus kendaraan bermotor keluar dan masuk Jabotabek melalui sejumlah ruas tol selama libur panjang Idul Adha 2023.

Berdasarkan studi bersama stakeholder terkait, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengungkapkan lonjakkan tersebut akan terjadi mulai hari ini, Rabu (28/6/2023).

Pada periode itu, diprediksi kendaraan keluar Jabotabek melalui jalan bebas hambatan alias Tol sebesar 90.000 kendaraan atau naik 65,6 persen dari hari normal (54.000 kendaraan).

Baca juga: Libur Idul Adha 2023, Operasional Angkutan Barang Mulai Dibatasi

Ilustrasi lalu lintas kendaraan di London, Inggris.ITV.com/PA Ilustrasi lalu lintas kendaraan di London, Inggris.

"Sementara puncak arus kendaraan masuk Jabotabek akan terjadi Minggu, 2 Juli 2023 sebesar 102.000 kendaraan atau naik 19,8 persen dibandingkan hari normal (82.000 kendaraan)," kata Budi dalam siaran pers, Selasa (27/6/2023).

"Prediksi lonjakkan penumpang dan kendaraan ini didapat dari laporan yang disampaikan oleh operator jalan dan transportasi," katanya.

Sebagai upaya menjamin kelancaran dan keselamatan jalan, pihak Kemenhub bersama pemangku kepentingan terkait menyiapkan sejumlah antisipasi pada periode tersebut, yakni 28 Juni 2023 sampai 2 Juli 2023.

Beberapa antisipasi dimaksud ialah memberlakukan rekayasa lalu lintas yang bersifat situasional di beberapa titik wisata. Sebab belajar dari tahun lalu, di kawasan terkait akan terjadi kepadatan.

Baca juga: Libur Idul Adha, 1 Juta Lebih Kendaraan Diprediksi Keluar Jabotabek

Arus mudik Lebaran di Pelabuhan Merak.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Arus mudik Lebaran di Pelabuhan Merak.

Kemudian melalui penerbitan Surat Keputusan Bersama (SKB) dengan pihak Korlantas Polri, operasional angkutan barang juga dibatasi mulai Selasa, 27 Juni 2023 sampai Minggu, 2 Juli 2023.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan agar merencanakan perjalanan dengan baik, karena diprediksi terjadinya lonjakan penumpang angkutan umum maupun kendaraan yang akan melalui jalur tol maupun non tol," ujarnya.

"Kami berupaya memastikan perjalanan masyarakat di masa libur Idul Adha yang cukup panjang ini dapat berjalan dengan selamat, aman, lancar, tertib, serta terkendali," kata Budi lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com