Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Xenia Dapat Bintang Tiga Hasil Tes Tabrak ASEAN NCAP

Kompas.com - 27/06/2023, 12:47 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi baru Daihatsu Xenia meluncur pada akhir tahun 2021 lalu. Bermain di kelas LMPV, Xenia menawarkan berbagai fitur yang cukup mumpuni, termasuk soal keselamatan.

Untuk menguji keunggulan fitur keselamatan tadi, Xenia turut diuji oleh ASEAN NCAP, lembaga yang mengetes keamanan dan keselamatan dari kendaraan yang akan dijual di Asia Tenggara.

Dikutip dari video yang diunggah akun ASEAN NCAP di Youtube, terlihat Xenia varian 1.3 M MT sedang diuji tes tabrak depan dan samping.

Hasilnya, Xenia mengantongi peringkat bintang tiga dengan skor sebesar 64,50 poin. Adapun untuk angka yang diperoleh berasal dari empat kategori penilaian.

Baca juga: Tips Aman Beli Motuba Toyota Kijang Kapsul

Untuk perlindungan orang dewasa atau adult occupant protection, mobil yang menjadi kembaran dari Toyota Avanza tersebut mendapat 32,63 poin.

Sementara dari kategori perlindungan anak-anak sebesar 14,37 poin, safety assist (SA) 10,00 poin, dan untuk kategori keselamatan pengendara sepeda motor 7,50 poin.

Daihatsu Xenia model baru di GIIAS 2021.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Xenia model baru di GIIAS 2021.

Sebagai informasi, Daihatsu Xenia dilengkapi dengan 2 airbag sedangkan varian tertinggi menawarkan 6 airbag.

LMPV 7-seater ini dilengkapi dengan fitur standar Anti-lock Braking System (ABS), Seat Belt Reminder System (SBR) untuk pengemudi saja dan teknologi Pedestrian Protection di semua variannya.

Baca juga: Toyota Mau Produksi Hidrogen dari Kotoran Ayam dan Limbah Makanan

Model ini menawarkan teknologi bantuan keselamatan canggih lainnya sebagai perlengkapan opsional yang terdiri dari Autonomous Emergency Braking (AEB) City, AEB Inter-Urban, Lane Keep Assist (LKA), Forward Collision Warning (FCW), Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Detection ( BSD) dan Electronic Stability Control (ESC).

Sedangkan untuk teknologi ESC tersedia dalam varian 1.3 L CVT dan semua varian 1.5 L-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com