Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terulang Lagi, Pengendara Jatuh di SPBU karena Enggan Turun dari Motor

Kompas.com - 26/06/2023, 16:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat pengendara motor hendak mengisi bensin di SPBU, langkah yang harus dilakukan tentunya turun dari motor dan menuntun. Intinya, motor tidak dinaiki saat proses pengisian BBM.

Namun bagi pengguna motor-motor lansiran terbaru dengan tangki di bagian depan, turun dari motor dirasa tidak perlu, karena lubang pengisian bisa dengan mudah diakses.

Kendati demikian, pengendara tetap dianjurkan untuk turun dari motor, salah satunya adalah karena alasan keselamatan seperti bahaya hilang keseimbangan.

Contoh dari bahaya tersebut bisa dilihat di video viral tiktok yang dibagikan akun @byfairus. Nampak seorang pengendara Yamaha Aerox terguling saat hendak mengisi BBM di SPBU Pertamina.

Baca juga: Penjelasan Pemilik Mobil yang Kena Tarif Tol Cikampek Sampai Rp 724.000

@risha_fairus Ngakak! ???? gak baca plank disitu apa ???? #fyp #pertamina planknya mungkin di gedein lagi x ya masih aja yg gak baca ???? etika #isibensin ? suara asli - By Fairus

“Alangkah baiknya saat isi bensin turun dari motor ya kak, agar tidak terjadi lagi seperti ini dikemudian hari,” tulis pengunggah video, dikutip Kompas.com, Senin (26/6/2023).

Sejatinya si pengendara laki-laki sudah turun dan menuntun motor, hanya saja ada penumpang perempuan yang masih duduk di atas jok.

Imbasnya, motor langsung terguling karena hilang keseimbangan. Walau pada video terlihat jatuhnya tidak parah, hal itu tetap bisa membahayakan.

Menanggapi video tersebut, Sony Susmana Traning Director Safety Defensive Consultant Indonesia menjelaskan, keselamatan selama di SPBU harus jadi prioritas utama para pengendara.

Baca juga: Penggunaan Lampu Mobil yang Keliru Bisa Sangat Merugikan

Tangkap layar video pengendara yang turun saat mengisi bensin padahal tangki motornya ada di depan. Tangkap layar video pengendara yang turun saat mengisi bensin padahal tangki motornya ada di depan.

“Sebisa mungkin semua resiko diminimalisir. Walaupun motor tangkinya di depan, benarnya ya pengendara tetap turun, menuntun, dan parkir dengan sesuai,” ucapnya kepada Kompas.com.

Sony menambahkan, menaiki motor saat isi BBM juga punya resiko keselamatan. Sebab bilamana terjadi kebakaran dan bensin tersulut api, reaksi pengendara tentu jadi sangat terbatas.

“Kalau ada kejadian yang tidak diinginkan, pengendara yang posisinya turun punya jarak aman dan bisa cepat menjauh. Tapi kalau posisinya masih naik, kan bakal kesulitan. Akibatnya bisa fatal sekali,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com