Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Motor Listrik Selis yang Dijual Rp 83 Juta

Kompas.com - 19/06/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen Jakarta Fair 2023 di JiExpo Kemayoran dimanfaatkan oleh Selis untuk memperkenalkan motor listrik baru bernama e-CITI.

Ada satu hal yang unik, ternyata motor listrik itu merupakan hasil kolaborasi antara Selis dengan DNA Motors, anak perusahaan Hyundai di Korea Selatan yang fokus pada pengembangan motor listrik.

Kolaborasi tersebut juga dilakukan untuk jangka panjang dan sudah terjalin sejak lama. Hal itu dibuktikan dengan hadirnya Selis e-CITI, yang diklaim bukan lagi kendaraan prototip.

“Ini sudah kendaraan jadi dan proses risetnya bisa dikatakan selesai. Nantinya tinggal penyesuaian tahap akhir dan barulah masuk fase produksi,” ucap Fery Sartono, SPV Manager Selis kepada Kompas.com, Minggu (19/6/2023).

Baca juga: Beli Motor Listrik Polytron FOX-R, Gratis Sewa Baterai 2 Bulan

Baterai motor listrik Selis dan Hyundai diproduksi oleh SamsungKOMPAS.com/daafa Baterai motor listrik Selis dan Hyundai diproduksi oleh Samsung

Bicara soal desain, motor dengan ukuran besar layaknya skutik gambot itu mengusung tampilan modern dengan garis bodi yang tegas dan terlihat mengkotak.

Ukurannya sengaja dibuat besar, selain karena alasan estetika, juga memberikan ruang yang lebar untuk membawa dua unit baterai ion litium yang diproduksi oleh Samsung.

Masing-masing baterai berkapasitas 48 volt 32 ampere hour (Ah) yang memiliki daya jelajah sejauh 100 kilometer, berdasarkan klaim selis.

Baterai tersebut dikawinkan dengan daya motor sebesar 7.200 watt dengan penggerak jenis mid-drive, yang bisa menghasilkan kecepatan maksimal 100 kpj.

Baca juga: Ada Motor Listrik Mirip Yamaha Nmax di Jakarta Fair 2023

Selis e-CITI, Motor listrik model skutik maxi terbaru hasil kerja sama dengan anak perusahaan HyundaiKompas.com/Daafa Alhaqqy Selis e-CITI, Motor listrik model skutik maxi terbaru hasil kerja sama dengan anak perusahaan Hyundai

Fery mengatakan, belum ada informasi waktu yang jelas terkait kapan e-CITI mulai diproduksi. hanya saja, batch pertama kemungkinan besar akan dilakukan dengan cara CKD dari Korea Selatan.

Satu bocoran yang dia bagikan adalah terkait harga. Berdasarkan taksiran awal, Selis e-CITI akan memiliki banderol cukup fantastis, yakni senilai Rp 83 juta.

“Nantinya pasti akan ada penyesuaian supaya fitur dan harga yang diterapkan akan cocok dengan minat konsumen Indonesia,” ucapnya.

Sebagai informasi, Selis bukanlah satu-satunya perusahaan motor listrik yang menjalin kerja sama dengan Hyundai. 

Baca juga: Bahaya Motor Listrik Kelebihan Muatan, Controller Bisa Hangus

Ilustrasi motor listrik United E3 atau Hyundai Deux 7KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi motor listrik United E3 atau Hyundai Deux 7

Sebelumnya, United e-Motor juga pernah berkolaborasi dengan perusahaan asal Korea Selatan itu dalam pengembangan teknologi baterai.

Hal itu dibuktikan dengan kehadiran United E3, motor listrik konsep dengan klaim jarak tempuh sejauh 200 kilometer yang dipamerkan di IIMS 2023 bulan Februari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com