Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Motor Listrik Mirip Yamaha Nmax di Jakarta Fair 2023

Kompas.com - 18/06/2023, 07:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dipenuhi atraksi dan wahana hiburan, Jakarta Fair 2023 di JiExpo Kemayoran juga diikuti banyak jenama otomotif, Berbagai produk. otomotif ini hadir menawarkan berbagai promo menarik, termasuk hadir model baru yang unik.

Salah satunya yaitu Kool EV-Motor, pabrikan baru asal Cikarang, Jawa Barat, ini membawa motor listrik unik bernama Bima yang desainnya sangat mirip dengan Yamaha Nmax.

Christian Nico Sudarmadji, Direktur Utama Kool EV-Motor, menjelaskan, motor-motor listrik produksinya mengusung nama dari tokoh epos Pandawa, sebagai bukti autentik perusahaan asli Indonesia.

“Di cerita Pandawa, Bima digambarkan sebagai sosok tertua, terbesar, dan tergagah. Karakter itulah yang kami sematkan pada motor listrik ini,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (16/6/2023).

Baca juga: Minat Swap Engine Suzuki Jimny Matik? Harga Mulai Rp 48 Juta

Motor listrik Kool EV Bima pakai cakram rem Brembo dan ban Perelli Diablo ScooterKOMPAS.com/daafa Motor listrik Kool EV Bima pakai cakram rem Brembo dan ban Perelli Diablo Scooter

Membahas tampilan luar, Kool EV Bima memang tampak gagah dan solid, selayaknya skutik maxi yang umum dijumpai.

Joknya terbilang lapang dan panel bodinya banyak dilengkapi ornamen skotlet bermotif serat karbon.

Berlanjut pada bagian roda, ada satu hal yang nampak unik. Motor ini ternyata dibekali bracket kaliper Brembo dan ban Pirelli Diablo Scooter di bagian depan dan belakang.

“Karena motor ini ditargetkan untuk pecinta touring dan riding, memang sengaja kami sertakan bracket cakram dari Brembo dan ban Pirelli sebagai bawaan standar,” kata Nico.

Baca juga: Goodyear Indonesia Optimis Hadapi Kondisi Bisnis di 2023

Bagian samping Kool EV Bima, Motor listrik yang mirip dengan Yamaha NmaxKOMPAS.com/daafa Bagian samping Kool EV Bima, Motor listrik yang mirip dengan Yamaha Nmax

Berlanjut pada sektor daya dan dapur pacu, varian Bima memiliki 3 model yang dibedakan berdasarkan kapasitas baterai serta jarak tempuh, yakni G, L, dan DL.

Bima G jadi varian terendah dan dibanderol Rp 32.9 juta. Motor listrik ini mengusung baterai lithium ion berkapasitas 72 volt 40 ampere hour (Ah) dengan daya jelajah 80 kilometer.

Penggeraknya berjenis hub-drive dan memiliki daya motor sebesar 3.000 watt dengan kecepatan maksimal 110 Kpj.

Untuk varian L yang berada di tengah, banderolnya adalah Rp39.9 juta. Bedanya dengan varian G hanya pada sektor daya, karena sudah dilengkapi 2 blok baterai yang menambah daya jelajahnya menjadi 140 kilometer.

Baca juga: Ini Dampak jika Oli Kompresor AC Mobil Jarang Diganti

Bagian belakang Kool EV Bima, Motor listrik yang mirip dengan Yamaha NmaxKOMPAS.com/daafa Bagian belakang Kool EV Bima, Motor listrik yang mirip dengan Yamaha Nmax

Terakhir untuk Bima DL yang jadi varian tertinggi, harganya Rp 52,9 juta dan mendapatkan banyak peningkatan dibandingkan varian-varian lainnya.

Ada 2 blok baterai tanam yang masing-masing berkapasitas 72v 50Ah. Daya jelajahnya masih 140 kilometer, tapi kecepatan maksimalnya diklaim menembus 130 kpj karena daya motor yang jauh lebih kuat.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com