Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Spesifikasi Motor Listrik Baru Milik Kool EV-Motor

Kompas.com - 16/06/2023, 14:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kool EV-Motor Indonesia membawa empat unit sepeda motor listrik lansiran terbaru pada gelaran Jakarta Fair 2023 yang diadakan di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Walaupun masih terbilang merek baru, perusahaan lokal ini mengaku siap bersaing di segmen motor listrik nasional. Keseriusan itu dibuktikan dengan disediakannya pabrik perakitan di Cikarang, Jawa Barat.

Christian Nico Sudarmaji, Direktur Utama PT Kool EV-Motor, mengatakan, 4 unit motor listrik yang dibawa memiliki spesifikasi unggul dan diyakini sangat cocok bagi masyarakat Indonesia.

“Mulai dari variasi desain yang stylish, kualitas baik, dan harga yang bersaing, kami (Kool EV-Motor) yakin produk-produk kami sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (16/6/2023).

Baca juga: Apakah Ada Efek Negatif jika Terlalu Sering Ganti Oli Mesin?

Kool EV-Motor Arjuna yang dipamerkan di Jakarta Fair 2023KOMPAS.com/daafa Kool EV-Motor Arjuna yang dipamerkan di Jakarta Fair 2023

Keempat motor listrik yang dibawa Kool EV-Motor dinamai dengan karakter epos Pandawa, yakni Cakra, Arjuna, Kirana, dan Bima.

Bicara soal spesifikasi, jenis Cakra dan Arjuna memiliki spesifikasi komponen yang serupa, yakni baterai tanam jenis Lithium Ion (Li Ion) dengan kapasitas 60V 20Ah yang diklaim memiliki jarak tempuh 70 kilometer.

Keduanya memiliki penggerak jenis hub-drive dengan daya motor 1.500 watt yang mampu menghasilkan kecepatan maksimum 60 kpj dan payload capacity seberat 150 kilogram.

Satu-satunya perbedaan yang nampak di antara keduanya hanyalah pada segi desain. Cakra mengusung tampilan standar yang serupa dengan skutik umum, sedangkan Arjuna nampak jauh lebih futuristik dengan bentuk kotak dan garis bodi tegas.

Baca juga: Ada Merek Motor Listrik Lokal Baru di Jakarta Fair 2023

Kool EV-Motor jadi pabrikan motor listrik baru yang muncul di Jakarta Fair 2023KOMPAS.com/daafa Kool EV-Motor jadi pabrikan motor listrik baru yang muncul di Jakarta Fair 2023

Berlanjut ke Kirana, motor listrik ini memiliki 3 model yang dibagi berdasarkan ukuran baterai dan jarak tempuh. Untuk varian termurah, kapasitasnya 60v 20Ah berjenis lithium ion dengan daya tempuh 60 kilometer.

Kecepatannya 60 kpj, diperoleh dari daya motor sebesar 1.200 watt dan penggerak hub drive di roda belakang

Kirana mengusung desain yang mirip dengan skutik Eropa dengan bentuk klasik namun elegan dan disertai headlamp berbentuk bulat di depan.

Terakhir yaitu Varian Bima, motor listrik ini hadir dengan desain maxi dan sangat mirip dengan skutik gambot. Karena bentuknya besar, spesifikasi yang dibawa juga cukup banyak.

Baca juga: Honda Targetkan Jual 9.000 Motor Selama Jakarta Fair 2023

Kool EV-Motor Bima, motor listrik baru yang mirip Yamaha NMaxKOMPAS.com/daafa Kool EV-Motor Bima, motor listrik baru yang mirip Yamaha NMax

Baterainya berjenis Lithium ion dengan kapasitas 72v 40Ah dan memiliki jarak tempuh sejauh 80 kilometer.

Dipadukan dengan penggerak hub drive dan daya motor 3.000 watt, motor listrik ini punya kecepatan maksimal 110 kpj dan payload capacity 150 kilogram

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com