Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Pasang Charging Mobil Listrik Mercedes-Benz di Rumah

Kompas.com - 16/06/2023, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mercedes-Benz Indonesia resmi melansir dua mobil listrik baru yaitu EQA dan EQB. Dua mobil listrik bergaya SUV tersebut menambah jajaran mobil listrik "Mercy" yaitu EQE dan EQS di segmen sedan mewah.

Hari Arifianto, Deputy Director Sales Operation Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, mengatakan, untuk melakukan pengecasan di rumah, pemilik mobil menggunakan alat yang disebut wallbox.

Baca juga: Daftar Pemenang Astra Honda Safety Riding Instructors Competition 2023

Hari mengatakan, wallbox dijual terpisah dari mobil. Harga wallbox ialah Rp 23.373.000. Banderol itu di luar ongkos pasang sehingga dengan instalasi lengkap, biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 50 juta.


Mercedes Benz Indonesia resmi melansir empat model baru di Tanah Air,d ua di antaranya mobil listrik yaitu Mercedes-Benz EQ1 dan EQB.KOMPAS.com/Gilang Mercedes Benz Indonesia resmi melansir empat model baru di Tanah Air,d ua di antaranya mobil listrik yaitu Mercedes-Benz EQ1 dan EQB.

"Kenapa tidak dikasih? Karena biasanya yang mengadopsi kendaraan listrik jarang first adopter (bukan pertama kali punya mobil listrik). Jadi ini mungkin akan jadi kendaraan kedua. Biasanya. jadi dia sudah punya wallbox. Jadi ngapain saya dapat barang yang tidak saya butuhkan," kata Hari di Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Hari mengatakan, proses instalasi wallbox di rumah memakan waktu paling cepat dua minggu.

"Lamanya itu untuk proses instalasi wallbox, karena kita tidak bisa instal sendiri, butuh pihak ketiga dari provider. Instalasi wallbox itu mesti narik jaringan, yang paling disukai bikin jaringan baru, meter baru," kata dia.

Baca juga: Mobil Listrik MG4 EV Dilirik Pemerintah Jadi Kendaraan Dinas

Mercedes-Benz EQSKompas.com/Donny Mercedes-Benz EQS

Hari mengatakan, lamanya waktu instalasi tersebut karena rumah harus memakai tegangan listrik minimal 11 kWh.

"Karena proses naik daya harus 11.000 watt. Biasanya sekitar 11.000 watt, makanya ada paket wallbox itu sudah termasuk biaya instalasi," ujar Hari.

Adapun spesifikasi wallbox memiliki output pengisian daya sebesar 22 kWh. Kemudian kabel cas sepanjang 6 meter dengan colokan universal Tipe 2 untuk memudahkan pemilik mengecas di rumah atau garasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com