Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah Pilih Ban Motor, Bisa Bikin Celaka di Jalan Raya

Kompas.com - 16/06/2023, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan komponen penting pada motor. Cuma ban yang menyentuh aspal ketika motor sedang bergerak, makanya peran ban sangat krusial dan jangan sampai salah pilih.

Pada dasarnya, ban punya beberapa tipe sesuai dengan peruntukan. Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani membaginya menjadi delapan jenis, berikut juga dengan penjelasannya.

Pertama ada ban sport yang semi slick, punya daya cengkeram yang bagus ke aspal yang kering. Cuma, usia pakainya tidak sama dengan ban motor pada umumnya, yakni lebih cepat aus.

Baca juga: Update Harga Ban Motor pada Juni 2023

Tipe ban motor buat dipakai harianDOK. WAHANA Tipe ban motor buat dipakai harian

"Sepeda motor penggunaan harian layaknya tidak cocok dengan tipe ban satu ini. Selain mahal dan berusia pendek, kondisi beragam jalanan yang dilalui juga dipastikan ban tidak bekerja dengan maksimal," kata Agus dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Kamis (15/6/2023).

Lalu ada ban sport touring dan touring, keduanya cocok untuk perjalanan jauh. Bedanya untuk yang sport memakai bahan lebih lembut, sehingga cengkeraman ke aspal lebih baik, dan tetap aman saat melewati aspal yang basah.

Untuk yang touring, komponennya lebih keras, daya tahan lebih lama dan punya cengkeraman yang maksimal di suhu rendah juga. Biasanya kerap ditemui di motor touring dengan cc kecil sampai besar.

Baca juga: Resmi Meluncur, Harga Suzuki XL7 Hybrid Dibanderol Mulai Rp 283,9 Juta

Keempat ada ban cruiser, cirinya punya alur dengan pola garis yang tidak rumit. Tipe ban ini banyak diminati karena punya ketahanan yang baik, walau cengkeramannya tidak sebaik ban sport.

Lalu ada ban skuter, cocok untuk dipakai harian karena alurnya yang mirip dengan ban cruiser. Karakter bannya pun serupa, tahan lama dengan cengkeraman ke aspal yang juga baik saat kering atau basah.

"Ban off road diperuntukan khusus untuk penggunaan di medan berlumpur, berpasir, dan berkerikil. Tidak disarankan untuk digunakan di jalan umum atau aspal," kata Agus.

Terakhir ada ban balap tipe kering (slick) dan basah. Keduanya kurang cocok buat harian. Harganya mahal, penggunaan khusus untuk balapan dan bukan untuk jalan raya.

Seperti namanya, ban slick cuma cocok saat aspal kering. Begitu juga dengan ban balap tipe basah, baru bisa maksimal saat aspal basah.

Tipe ban motor buat dipakai harianDOK. WAHANA Tipe ban motor buat dipakai harian

"Jangan asal gagah tapi tidak nyaman dan mengganggu handling saat berkendara. Salah pilih ban bisa fatal," ucap Agus.

Misal ban off road, sangat minim cengkeramannya ke aspal, pengendara bisa mudah terjatuh karena ban selip. Begitu juga dengan ban balap yang tidak punya alur air, sangat licin saat melintasi aspal basah atau genangan air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com