Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Merek Motor Listrik Lokal Baru di Jakarta Fair 2023

Kompas.com - 16/06/2023, 11:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen otomotif baru yang fokus menjual sepeda motor listrik mulai bermunculan. Salah satunya, yakni Kool EV-Motor Indonesia yang hadir di Jakarta Fair 2023.

Perusahaan dengan basis produksi di Cikarang, Jawa Barat, ini memperkenalkan tiga lini motor listrik baru untuk meramaikan pasar motor listrik di Indonesia.

Christian Nico Sudarmaji, Direktur Utama PT Kool EV-Motor, mengaku memilih Jakarta Fair 2023 sebagai tempat peluncuran perdana karena alasan demografis yang baik.

“Mengingat ini acara yang besar dan dihadiri oleh banyak warga Jabodetabek, kami (Kool EV-Motor) memutuskan untuk melakukan peluncuran awal di sini,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (15/6/2023).

Baca juga: Mobil Listrik MG4 EV Dilirik Pemerintah Jadi Kendaraan Dinas

Kool EV-Motor Arjuna yang dipamerkan di Jakarta Fair 2023KOMPAS.com/daafa Kool EV-Motor Arjuna yang dipamerkan di Jakarta Fair 2023

Dia menjelaskan, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan Kool EV-Motor untuk menggaet minat konsumen, salah satunya yaitu layanan 24 jam yang selalu siap membantu pelanggan.

Apabila konsumen pemilik motor listrik Kool EV mengalami kendala, ada customer service yang bisa dihubungi kapanpun. Dalam waktu singkat, akan ada pihak teknisi yang melakukan home service.

“Untuk sementara, layanan home service hanya berlaku untuk wilayah Jabodetabek. Tapi kami berencana untuk memperluas jaringan hingga Banten dan Jawa Barat dalam waktu dekat,” kata Nico.

Ada tiga lini motor listrik yang dibawa Kool EV di Jakarta Fair 2023. Ketiganya mengambil nama dari epos klasik Pandawa, yakni Cakra, Arjuna, dan Bima.

Baca juga: Hyundai Stargazer X Kembali Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan

Kool EV-Motor Bima, motor listrik baru yang mirip Yamaha NMaxKOMPAS.com/daafa Kool EV-Motor Bima, motor listrik baru yang mirip Yamaha NMax

Nico mengatakan, sebetulnya ada satu lagi jenis yang akan dipamerkan bernama Kirana. Karena ada sedikit kendala logistik, motor listrik itu sedikit terlambat.

“Semua motor listrik yang kami pamerkan sudah lolos sertifikasi uji tipe kendaraan dan sudah bisa dibeli tanpa perlu inden. Pengurusan STNK, pelat nomor dan dokumen lainnya juga sudah aman,” ujarnya.

Terkait harga, keempat motor listrik itu memiliki banderol yang cukup variatif. Varian Cakra jadi yang termurah dengan banderol Rp 18.2 juta, disusul Arjuna Rp 21,5 juta.

Varian Kirana dibanderol Rp 21.9 juta, sedangkan Bima menjadi yang termahal dengan harga Rp 32,9 juta.

Untuk diketahui, varian Kirana dan Bima memiliki beberapa model dengan harga yang bervariasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com