Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gesits Mau Jual Motor Opsi Tanpa Baterai supaya Murah

Kompas.com - 14/06/2023, 11:32 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Gesits menyambut baik program Battery Asset Management Services (BAMS), yang merupakan platfrom ekosistem standarisasi baterai motor listrik lintas merek besutan Indonesia Battery Corporation (IBC).

Bernardi Djumiril, Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA), selaku manufaktur Gesits, mengatakan, ada tiga keuntungan BAMS buat Gesits, yaitu akses, kemudahan SPKLU dan SBPBKLU, serta inovasi-inovasi lain.

Baca juga: KTM Buka Peluang untuk Marc Marquez di MotoGP 2025

"Dampak terhadap kami di Gesits, terus terang kehadiran BAMS ini itu akan memberikan akses penuh kepada masyarakat calon pengguna motor listrik," kata Bernardi yang ditemui di kantor Kemenko Marves, di Jakarta, belum lama ini.

Motor listrik Gesits Raya-GKOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Gesits Raya-G

"Kemudian adanya charging station, swap station itu juga memudahkan akselerasi calon pengguna motor Gesits. Dampak dengan adanya BAMS ini ialah inovasi-inovasi yang akan dilakukan tadi, misal kemungkinan Gesits dekopel yaitu produksi motor dipisahkan dengan baterai itu sangat memungkinkan," katanya.

Saat ini Gesits masih mengandalkan sistem cas di rumah belum sistem tukar pakai. Jika ke depan memakai sistem tukar pakai baterai milik IBC, maka Gesits bisa punya dua opsi, yaitu menjual motor dengan baterai dan tanpa baterai.

Baca juga: Catat, Ini 4 Rute Bus Transjakarta Khusus Jakarta Fair 2023

Bernardi menyebutkan, jika menjual motor tanpa baterai, otomatis harga akan turun drastis. Konsumen nantinya memakai sistem sewa baterai milik IBC, yang secara sederhana seperti membeli tabung gas.

Indonesia Battery Corporation (IBC) resmi meluncurkan Battery Asset Management Services (BAMS). Salah satu yang diperkenalkan ialah baterai generasi kedua buatan IBC yang akan dipakai oleh beberapa merek motor listrik.KOMPAS.com/Gilang Indonesia Battery Corporation (IBC) resmi meluncurkan Battery Asset Management Services (BAMS). Salah satu yang diperkenalkan ialah baterai generasi kedua buatan IBC yang akan dipakai oleh beberapa merek motor listrik.

"Sehingga harga dari motor listrik itu bisa turun cukup banyak. Biaya baterai sendiri bisa 35 persen sampai 40 persen. Ya mestinya sih (bisa turun segitu), tapi kita sedang hitung ya," ungkap Bernardi.

Saat ini Gesits punya dua model, model pertama Gesits G1 saat ini dibanderol mulai dari Rp 28.970.000 dan model kedua yaitu Gesits Raya yang dibanderol mulai dari Rp 27.990.000. Kedua harga on the road (OTR) Jakarta.

Jika pakai hitungan kasar biaya baterai motor listrik sekitar Rp 7 juta-Rp 8 juta, maka jika dijual tanpa baterai harga motor listrik Gesits bisa Rp 20 jutaan itu belum dihitung dengan insentif dari pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com