Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa Motor Matik Lansiran Terbaru Tidak Punya Kick Starter

Kompas.com - 08/06/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor matik lansiran terbaru, khususnya yang sudah berjenis keyless, biasanya tidak lagi memiliki kick starter. Hal itu ternyata bukan tanpa sebab dan ada alasan khususnya.

Anto Hananto, Kepala Teknisi AHASS 88 mengatakan, komponen engkol memang sudah tidak lagi diperlukan untuk motor matik lansiran terbaru, sehingga akhirnya dihilangkan.

“Motor terbaru sekarang ini sudah tidak pakai dinamo starter, atau AKG starter. Fungsinya engkol awalnya untuk memutar komponen itu. Karena sudah tidak ada, ya dihilangkan,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (7/6/2023).

Selain alasan teknis itu, dia menambahkan, pertimbangan menghilangkan engkol motor juga didasari oleh permintaan secara tidak langsung dari konsumen.

Baca juga: Menperin Rayu Daihatsu Bentuk Ekosisem Kendaraan Listrik

Honda Scoopy di IMOS 2022Dok. AHM Honda Scoopy di IMOS 2022

Anto menjelaskan, AHM selalu melaksanakan survei rutin setiap beberapa bulan sekali untuk menampung masukan dari para konsumen. Aspirasi tersebut-lah yang menjadi cikal bakal model motor generasi selanjutnya.

“Honda memang rutin melakukan survei lewat bengkel-bengkel AHASS terkait saran dan masukan soal motor yang digunakan. Dan sebagian besar konsumen memang tidak suka adanya engkol,” kata dia.

Berdasarkan survei, menurut sebagian besar konsumen, keberadaan engkol motor dirasa tidak perlu dan justru cukup merepotkan.

“Karena dasarnya engkol jarang sekali dipakai, pun sekalinya dipakai, sudah terlanjur kaku. Karena banyaknya komplain itu, mulai dikurangi jumlah motor yang pakai engkol,” ujar Anto.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com