Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Singkat Mengendarai Grand Vitara Hybrid GX AT [Video]

Kompas.com - 05/06/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), akhirnya resmi menyerahkan unit Grand Vitara kepada konsumen pertama di wilayah Jabodetabek pada awal Juni 2023.

Seiring dengan itu, Kompas.com juga berkesempatan menjajal singkat Grand Vitara milik diler Suzuki Sejahtera Sumber Baru Trada, di Jakarta Timur.

Unit yang digunakan adalah Grand Vitara tipe tertinggi, yakni GX two tone. Meski banderolnya paling tinggi, tapi varian ini diketahui menjadi yang terlaris untuk saat ini.

Baca juga: Suzuki Bicara Soal Kemungkinan Produksi Grand Vitara di Indonesia

Walau singkat, tapi setidaknya cukup melepas rasa penasaran soal tenaga awal dari mesin K15C Dual Jet yang dikolaborasikan dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) alias mild hybrid.

Berdasarkan data, mesin 1.500 cc Grand Vitara mampu menyuplai tenaga sebesar 103,06 Ps atau 101.6 Tk pada putaran 6.000 rpm, serta torsi 136,8 Nm di 4.400 rpm.

Dari kencan singat tersebut, putaran bawahnya cukup "berisi". Laju mobil juga terasa responsif sehingga tak butuh banyak effort menekan pedal gas terlalu dalam.

Baca juga: Harga Suzuki XL7 Hybrid Bocor, Mulai Rp 283 Juta

Meski konvensional, tapi transmisi AT yang digunakan mampu menghadirkan perpindahan gigi yang smooth. Sementara kenyamanan mengemudi juga cukup baik.

Sayang karena waktu dan lokasi yang terbatas, untuk pembahasan lebih dalam soal tenaga, efisiensi bahan bakar, fitur-fitur yang dimiliki, dan kenyamanan jadi penumpang ketika berkendara jarak jauh, jadi pekerjaan rumah yang akan dikupas setelah redaksi mendapat unit test drive resmi dari PT SIS.

Test drive Suzuki Grand Vitara HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test drive Suzuki Grand Vitara Hybrid

Buat yang penasaran, bisa langsung menonton impresi awal berkendara Grand Vitara hybrid tipe tertinggi yang juga sudah disematkan aksesoris resmi sebagai pemanis tampilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com