Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Jaguar TCS Racing Komentari Panas Jakarta Jelang Formula E

Kompas.com - 02/06/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Duo pebalap tim Jaguar TCS Racing, Mitch Evans dan Sam Bird, mengomentari suhu panas DKI Jakarta jelang laga Formula E di JIEC Ancol pada 3-4 Juni 2023.

Setelah mendarat di Jakarta pada Rabu (31/5/2023) malam, keduanya mengaku terkejut dengan hawa gerah. Mitch Evans bahkan mengatakan jika suhu tahun ini dirasa lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

“Padahal malam hari (saat dia tiba di bandara) tapi rasanya panas, mungkin sedikit lebih panas dibandingkan tahun lalu,” ucap pebalap asal Selandia Baru itu saat berbincang dengan Kompas.com, Kamis (1/6/2023).

Mitch menambahkan, dirinya akan fokus menjaga kualitas cairan tubuh dan memperbanyak minuman elektrolit. Target utamanya adalah menghindari dehidrasi dan heat stroke.

Baca juga: Digelar Pekan Ini, Simak Rekayasa Lalu Lintas Saat Formula E Jakarta

Sirkuit Internasional Jakarta ePrixDok. Fiaformulae.com Sirkuit Internasional Jakarta ePrix

“Jika sudah terlalu panas, saya akan langsung minum dan mendinginkan diri dengan mandi dan semacamnya. Intinya kondisi temperatur tubuh harus betul-betul dijaga,” ucap dia.

Hal serupa juga disampaikan Sam Bird, rekan setimnya. Menurut dia, kestabilan kondisi fisik pebalap dan mobil adalah poin utama yang sangat diperhatikan Jaguar TCS Racing.

“Kami (Sam dan Mitch) akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kondisi tubuh, dan para teknisi akan selalu memantau kondisi mobil. Kami paham betul jika hawa panas menjadi faktor alam yang tidak boleh disepelekan,” ucap dia.

Terkait persiapan mobil jelang balapan, Chris Shortt, Technical Operations Manager Jaguar TCS Racing menjelaskan, tim teknisi sudah mengkompilasi data untuk memantau kondisi kesehatan komponen penting.

Baca juga: Formula E 2024 Bakal Diadakan di SCBD?

Pebalap Formula E Tim Jaguar TCS Racing, Mitch Evans saat race di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Mitch Evan keluar sebagai juara Formula E Jakarta.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pebalap Formula E Tim Jaguar TCS Racing, Mitch Evans saat race di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Mitch Evan keluar sebagai juara Formula E Jakarta.

“Kekhawatiran kami ada di sektor baterai, dinamo, dan controller, karena ketiga komponen ini sangat bisa terdampak panas. Pantauan akan terus kami lakukan sampai hari-h balapan,” ucap dia.

Senada dengan Sam dan Mitch, Chris juga mengaku suhu Jakarta tahun ini terasa meningkat. Jauh lebih panas dan gerah.

“Rasanya panas sekali, padahal saya sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi suhu Jakarta, tapi tetap saja hawa kota ini sangat mengejutkan,” ucap dia.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com