Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cedera Parah, Pol Espargaro Nyaris Pensiun dari MotoGP

Kompas.com - 21/05/2023, 10:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap GASGAS, Pol Espargaro mengakui pernah terpikir untuk pensiun setelah mengalami kecelakaan di MotoGP Portugal Maret lalu. Dia merasa cederanya terlalu berat dan tidak bisa pulih.

Pol mengalami patah rahang ditambah cedera pada paru-paru dan punggungnya di sesi latihan bebas (FP2) pada hari Jumat. Kecelakaan tersebut membuat Pol trauma dan terpikir "gantung helm."

Baca juga: Cari Partner, Kymco Tawarkan Program Menarik

“Saya punya banyak waktu untuk berpikir, merenungkan apa yang saya lakukan," kata Pol dilansir dari Crash.net, Minggu (21/5/2023).

Pol Espargaro ketika di tim Gasgas Factory Racing Tech3Dok. Speedweek Pol Espargaro ketika di tim Gasgas Factory Racing Tech3

“Kadang-kadang di ICU saya bersama istri saya. Mungkin mereka yang mengalami (waktu) terburuk adalah orang-orang di sekitar Anda, istri saya dan kedua putri saya," ujar Pol.

“Mereka mengalami saat-saat yang buruk, tetapi di atas segalanya istri saya, melihatnya menderita mungkin yang membuat saya berpikir untuk (pensiun), jika semua ini sepadan bagi saya," ujar Pol.

Pebalap asal Spanyol tersebut mengatakan sangat beruntung punya keluarga yang mendukung dirinya. Lebih dari itu juga membuatnya bangkit dan pecaya diri bahwa cedera yang dialaminya bisa pulih.

“Saya beruntung memiliki mereka di sisi saya, terutama kali ini tanpa mereka saya akan memikirkan apakah akan terus mengendarai sepeda motor karena nanti pemulihannya tidak mungkin,” kata dia.

Baca juga: MAB Pamerkan Motor Listrik Tiga Roda Aidea di PEVS 2023

Pol Espargaro mengalami kecelakaan fatal saat sesi latihan bebas FP2 MotoGP Portugal hingga mengalami banyak patah tulangDok. The-race.com Pol Espargaro mengalami kecelakaan fatal saat sesi latihan bebas FP2 MotoGP Portugal hingga mengalami banyak patah tulang

Pol mengatakan, setiap bangun pagi dia memikirkan keluarganya dan dia akhirnya bertekad untuk kembali balapan.

“Itulah mengapa saya bangun setiap hari, itu bahan bakar saya," kata Pol.

“Memikirkan bahwa setelah trauma yang saya alami, kembali mengendarai sepeda motor sulit dipahami, saya kira, bagi banyak orang," ujar Pol.

"Bagi saya dan bagi kita yang berdedikasi untuk ini, bagi kita yang sangat menyukai olahraga ini, itulah yang saya bangun setiap hari," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com