Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Skandal Tes Tabrak Toyota dan Daihatsu, Ini Kata ASEAN NCAP

Kompas.com - 02/05/2023, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua merek Jepang, Toyota dan Daihatsu dikabarkan melakukan kecurangan saat tes tabrak. Mobil yang digunakan untuk tes sudah dimodifikasi agar hasilnya jadi lebih baik.

Daihatsu disebut mencurangi bagian dalam pintu dalam uji keselamatan tabrakan samping yang dilakukan untuk sekitar 88.000 unit. Sebagian besar mobil tersebut dijual dengan merek Toyota.

Dikutip dari Carscoops.com, tercatat ada 76.289 unit Toyota Yaris ATIV yang diproduksi pada Agustus 2022 di pabrik Daihatsu di Thailand dan Malaysia.

Baca juga: Jatim Jadi Wilayah Paling Sering Kecelakaan Saat Musim Mudik Lebaran

Toyota Yaris ATIV Foto: Carscoops.com Toyota Yaris ATIV

Model tersebut dipasarkan juga di Thailand, Meksiko, dan beberapa negara Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Bahrain, Oman, dan lainnya.

Selain Yaris, kecurangan ini juga memengaruhi 11.834 unit Perodua Axia untuk produksi Februari 2023 di Malaysia. Kemudian, terdampak juga pada Toyota Agya yang rencananya mulai diproduksi Juni untuk dipasarkan di Ekuador.

Terkait kasus yang ramai tersebut, timbul pertanyaan apakah ada hubungannya dengan lembaga uji tabrak ASEAN NCAP? sebab ASEAN NCAP menguji mobil-mobil baru yang dijual di wilayah Asia Tenggara.

Adrianto Sugiarto Wiyono, ASEAN NCAP Technical Committee, mengatakan, kasus yang terjadi ini tidak ada hubungan ASEAN NCAP, karena itu terjadi di ranah Toyota dan Daihatsu bukan di ranah NCAP.

"Kami sampaikan bahwa kasus tersebut terjadi di ranah Daihatsu dan Toyota seperti dikutip paultan.org (media Malaysia) dan sebagainya," kata Adrianto kepada Kompas.com, Senin (1/5/2023).

Baca juga: Daftar Pikap Terlaris Maret 2023, Gran Max Unggul Tipis Atas Carry

All New Toyota Veloz yang dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS) mendapat 5-Star ASEAN NCAPDok. TAM All New Toyota Veloz yang dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS) mendapat 5-Star ASEAN NCAP

Rian panggilannya, mengatakan, mengutip pemberitaan yang ada dalam hal ini Daihatsu mengakui ada 'kesalahan' dalam tes keselamatan kecelakaan yang melibatkan empat model.

"Daihatsu has admitted 'wrongdoings' in particular crash safety tests done for regulatory approval applications for four models," kata Rian mengutip pernyataan.

"Jadi masalah ini sebelum crash test yang dilakukan oleh ASEAN NCAP. Yang jadi menarik karena malah di beberapa media memajang foto yang diambil dari laman ASEAN NCAP," kata Rian.

Rian mengatakan, dalam tautan tersebut ditulis "regulatory approval."

Kemudian apa yang terjadi di ranah Toyota dan Daihatsu tidak berpengaruh pada hasil uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP secara terpisah.

"Artinya (regulatory approval) ada kaitannya dengan homologasi atau prosedur internal yang sifatnya wajib, sedangkan crash test bersama ASEAN NCAP sifatnya kan voluntary. ASEAN NCAP melakukan crash test setelah kendaraan ada di pasaran," ujar Rian.

Baca juga: Tidak Wajar, Kipas Radiator Langsung Berputar Saat Kunci Kontak Menyala

Sistem penilaian baru ASEAN NCAP.Paultan.org Sistem penilaian baru ASEAN NCAP.

"Mungkin ini lebih tepat dari Daihatsu yang memberikan pernyataan, logikanya adalah ketika masih dalam pengembangan bisa saja beda dengan ketika sudah rilis," ujar Rian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com