Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Makin Fokus ke Kendaraan Listrik

Kompas.com - 02/05/2023, 17:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors memulai babak baru untuk turut berkontribusi memajukan industri otomotif Tanah Air, melalui penandatanganan nota kesepahaman atau MoU investasi proyek Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Dalam keterangan resmi perseroan, disebutkan bahwa proyek tersebut demi memperkuat komitmen dalam mengembangkan ekosistem mobil listrik dari hulu ke hilir, termasuk baterai.

Penandatanganan komitmen ini dilakukan langsung oleh pihak Wuling Motors dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) pada Sabtu (29/4/2023).

Baca juga: Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran, Apakah Perlu Servis AC?

Modifikasi mobil listrik Wuling Air ev di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023Dok. Wuling Modifikasi mobil listrik Wuling Air ev di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023

Seremoni terbatas yang digelar di fasilitas Wuling Center ini, dibarengi dengan penyerahan secara simbolis baterai mobil listrik yang nantinya diproduksi lokal ke Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan.

“Ini merupakan tonggak baru perjalanan Wuling dalam rangka mendukung percepatan elektrifikasi kendaraan yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia," ungkap Presiden Direktur Wuling Motors, Shi Guoyong dalam siaran pers, Minggu (30/4/2023).

"Melalui penandatanganan nota kesepahaman dengan Kemenko Marves, serta penyerahan baterai mobil listrik hasil kerja sama Gotion Hi-Tech dan diproduksi di dalam negeri ini, tentunya jadi komitmen nyata kami untuk mengembangkan ekosistem industri KBLBB," lanjut dia.

Dalam pengembangan produksi mobil listriknya di Indonesia, Wuling menggandeng berbagai perusahaan global sebagai mitra rantai pasok.

Baca juga: Tesla Masih Berstatus Mobil Listrik Terlaris di Dunia

Puluhan unit Wuling Air ev akan mengemban tugas sebagai Official Car Partner KTT ASEAN 2023 yang akan mendukung mobilitas para delegasi mulai dari tanggal 9-11 Mei 2023.Dok. Wuling Puluhan unit Wuling Air ev akan mengemban tugas sebagai Official Car Partner KTT ASEAN 2023 yang akan mendukung mobilitas para delegasi mulai dari tanggal 9-11 Mei 2023.

Pada urusan produksi baterai sebagai salah satu komponen utama dari mobil listrik, Wuling bermitra dengan Gotion Hi-Tech. Dengan kerja sama ini, layanan purna jual kendaraan listrik khususnya yang menyangkut baterai bakal lebih mudah dan terjamin.

Selain prosesi tersebut, Wuling juga secara simbolis menyerahkan 50 unit kendaraan listriknya, Air ev untuk mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo dua pekan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com