Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Arus Balik, Polri Imbau Pemudik Berangkat Malam Hari untuk Hindari Kemacetan

Kompas.com - 26/04/2023, 14:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menghindari kemacetan selama masa arus balik mudik Lebaran 2023, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengimbau pemudik untuk berangkat di waktu malam hari.

Sebelumnya, Korlantas Polri menjelaskan, arus balik mudik diprediksi memiliki dua puncak, yakni gelombang pertama pada 24-26 April 2023, dan gelombang kedua pada 29-30 April 2023.

Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi menimbang, dengan memperhatikan adanya potensi kemacetan pada tanggal-tanggal tersebut, sebaiknya pemudik berangkat saat malam hari.

Hal itu dikarenakan kondisi lalu lintas di waktu malam dinilai lebih kondusif dibandingkan waktu siang. Hambatan yang disebabkan oleh masyarakat lokal di sekitar jalur arteri biasanya mencapai puncak saat siang hari.

Baca juga: Jadwal Terbaru One Way, Contraflow, dan Ganjil Genap Arus Balik Periode 26-28 April 2023

Jalur arteri Karawang, Jawa Barat pada Rabu (12/4/2023).KOMPAS.COM/FARIDA Jalur arteri Karawang, Jawa Barat pada Rabu (12/4/2023).

“Karena malam hari masyarakat lokal istirahat dan tidak ada pasar tumpah seperti siang hari, ini bisa dimanfaatkan. Penting bagi masyarakat bahwa lancar tidak harus selalu lewat jalan tol,” kata Firman kepada awak media di Kantor Jasa Marga Km 70 Cikampek, Jawa Barat, Selasa (25/4/2023).

Terkait keberangkatan di waktu malam, Firman juga mengimbau para pemudik untuk tidak memaksakan diri dan segera beristirahat jika rasa kantuk dan lelah mulai muncul.

“Kalau sudah capek (berkendara), kami juga tidak akan memaksakan untuk mengemudi karena lebih berbahaya,” ucapnya.

Menyoal keselamatan berkendara di malam hari, ada beberapa poin keselamatan yang harus diperhatikan.

Baca juga: Pengemudi Harus Terapkan Berkendara Aman Selama Arus Balik Lebaran

Suasana keramaian  Pasar Wates Wetan hingga tumpah ke jalan, Rabu (27/4/2022)KOMPAS.com/Miftahul Huda Suasana keramaian Pasar Wates Wetan hingga tumpah ke jalan, Rabu (27/4/2022)

Utamanya, pemudik dianjurkan untuk tidur dan beristirahat selama 4-5 jam sebelum memulai perjalanan.

Marcell Kurniawan, Direktur Pelatih The Real Driving Centre (RDC), mengatakan, pemudik harus betul-betul memastikan kondisi kebugaran sebelum berangkat di malam hari.

Ngantuk itu musuh utama ketika berkendara, jadi pastikan supaya pengemudi tidak mengantuk. Kalau kantuk tidak tertahankan, sebaiknya menepi saja dan beristirahat, jangan dipaksa,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com