Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Pemudik Istirahat di Rest Area Diimbau Kedepankan Toleransi

Kompas.com - 26/04/2023, 11:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelombang pertama arus balik mudik lebaran sudah dimulai sejak 24-26 April 2023. Berdasarkan prediksi Korlantas Polri, gelombang kedua arus balik akan terjadi pada 29-30 April 2023.

Menyoal kepadatan lalu lintas selama arus balik, pihak korlantas senantiasa melakukan riset dan survei untuk bisa memberikan pengamanan yang lebih.

Kepala Korlantas (kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, ada titik khusus yang menjadi atensi dari tahun ke tahun dalam pengamanan arus mudik dan balik lebaran, seperti di tiap rest area yang menjadi primadona bagi para pemudik untuk melakukan istirahat.

Hal tersebut dia sampaikan bersama Dirut Jasa Marga ketika menerima kunjungan dari Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Kantor Jasa Marga KM 70 Cikampek, Jawa Barat.

Baca juga: Saat Kondisi Darurat, Bolehkah Pakai Ban Serep untuk Perjalanan Jauh?

Saat warga asal Tambun, Deti Komala Sari (38) bersama dua anaknya dihampiri Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono di Rest Area Km 62 Jalan Tol Jakarta - Cikampek, Selasa (25/4/2023). Kapolres memberikan jajanan, vitamin, hingga minyak kayu putih.KOMPAS.COM/FARIDA Saat warga asal Tambun, Deti Komala Sari (38) bersama dua anaknya dihampiri Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono di Rest Area Km 62 Jalan Tol Jakarta - Cikampek, Selasa (25/4/2023). Kapolres memberikan jajanan, vitamin, hingga minyak kayu putih.

“Kami ingatkan kepada masyarakat bahwa rest area itu memang tempat istirahat. Tetapi ini toleransi, tenggang rasa bahwa yang akan menggunakan saudara-saudara kita banyak,” kata Firman kepada wartawan, Selasa (25/4/2023).

Firman dan stakeholder lainnya menjelaskan bahwa penanganan di tiap rest area sudah disiapkan, seperti penutupan maupun imbauan agar tidak berlama-lama di rest area.

Apabila terjadi situasi rest area penuh, pemudik bisa beristirahat di rest area di luar exit tol yang sudah disiapkan oleh personel-personel kepolisian.

Setelah beristirahat, pemudik bisa kembali masuk ke jalan tol dan hanya tapping (menempel kartu tanpa pemotongan saldo) di gerbang tol.

Baca juga: Pengemudi Harus Terapkan Berkendara Aman Selama Arus Balik Lebaran

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (19/4/2023).KOMPAS.com/Rahel Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (19/4/2023).

“Mungkin tapping diidentikkan langsung dipotong saldonya, tetapi tidak! Ini hanya tapping saja, silahkan memanfaatkan fasilitas di luar jalan tol, Itu juga membantu,” ujar Firman.

Terakhir, Firman mengimbau para pemudik untuk tidak memaksakan diri saat berkendara selama arus balik. Jika sudah lelah, sebaiknya segera beristirahat di rest area.

“Kalau sudah capek kami juga tidak akan memaksakan untuk mengemudi karena lebih berbahaya, tapi penting menempatkan kendaran di pinggir jalan, kalau sayang keluarga tentunya memberikan perlindungan dari sisi dimulai para pemudik itu sendiri. Oleh karena itu yang saya sampaikan tadi bisa keluar dan beristirahat di exit tol terdekat dahulu,” ucap dia.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com