Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Kemalingan di Rest Area Jagorawi, Saat Dicek CCTV Tidak Aktif

Kompas.com - 25/04/2023, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian kemalingan di rest area jalan tol kembali terjadi. Maling berhasil membawa laptop padahal mobil hanya ditinggal sekitar lima menit saat pemilik belanja di toserba.

Kejadian tersebut terjadi di rest area Tol Jagorawi Km 21 (Gunung Putri) Bogor arah Jakarta. Dalam video yang diunggah akun moderator.id, kejadian tersebut ditengarai terjadi di dekat Indomaret.

Baca juga: Potret Macet Parah di Puncak, Mobil Tidak Bergerak 12 Jam

"Kami pulang ke Jakarta dan mampir lalu parkir di depan Indo**ret di rest area ini. Di sini teman kami kembali ke mobil setelah 5 menit parkir untuk menaruh bekal buka puasa dan menyadari bahwa tas laptop dan dompetnya sudah tidak ada dan rekan satu lagi juga menyadari bahwa tas ynag isinya macbook dan airpods menghilang," kata narasi video dikutip pada Selasa (25/4/2023).

@maderator.id Membalas @Bangun Tidur Ku Terus Scrollin setelah di posting dan viral ternyata banyak banget yang ngalamin hal serupa dan gak ada feedback apapun dari pihak berwajib, stitch video ini dan ceritain kejadian kalian!! kita bikin viral agar lebih diperhatikan oleh pihak berwajib. teruntuk temen2 yg sedang libur mudik lebaran harap hati2 dan waspada selalu ya!! #km21 #jagorawi #tolljagorawi #restarea #restareatoll #km21jagorawi #mudiklebaran #tragedi #inafispolri #inafisbogor #polresbogor #cctvmati #maling #malinglaptop #bobolmobil #harisialgakadadikalender #adayangsamaga #tragedikm21 #indomaret #banyakmaling #malingdirestarea ? suara asli - Maderator

Rupanya setelah dicek CCTV di area tersebut tidak aktif. Adapun CCTV yang aktif tidak menyorot ke arah parkiran.

"Karena lokasi itu berada dekat dengan CCTV maka rekan kami langsung mencari pihak keamanan dan ternyata CCTV tidak ada yang aktif di area ini, benar saja saat kami cek di ruang CCTV hanya total 3 CCTV aktif dari 16 CCTV dan tidak ada yang mengarah ke parkiran," kata narasi video.

Kejadian kemalingan di tempat parkir sebetulnya bukan hal baru. Secanggih apapun kamera pantau dan penjagaan yang ada, maling selalu punya cara untuk melancarkan aksinya.

Baca juga: Video Polisi Beri Semangat Saat Macet di Puncak, Anda Menyerah Silahkan Belok Kanan

Penyerahan barang bukti mobil yang dicuri tersangka BS kepada pemiliknya oleh Kapolres Pemalang Baktiawan Candheki Penyerahan barang bukti mobil yang dicuri tersangka BS kepada pemiliknya oleh Kapolres Pemalang

Sehingga kata Jusri Palubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), cara paling tepat ialah tindakan preventif di mana pemilik tidak mengundang kejahatan dengan tidak menaruh barang berharga di mobil.

Jusri bicara, lokasi terbuka atau area parkir yang dilengkapi pengamanan seperti CCTV atau petugas keamanan diharapkan bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya aksi pembobolan.

Namun, walaupun sudah parkir di tempat yang aman, perlu diingat bahwa pemilik kendaraan sebaiknya tidak meninggalkan barang-barang berharga di mobil, seperti telepon genggam, laptop, dan sebagainya.

Baca juga: Hati-hati, Peredam Panas di Ruang Mesin Mobil Bisa Picu Kebakaran

Ilustrasi pencurian begal pecah kaca mobilwhichcar.co.au Ilustrasi pencurian begal pecah kaca mobil

Jika terpaksa untuk meninggalkan barang berharga, Jusri menyarankan pemilik kendaraan untuk menyimpan barang berharganya di tempat yang tersembunyi, misalnya di bawah kursi penumpang.

"Semua barang berharga jangan pernah ditinggal. Bila tidak memungkinkan untuk dibawa, letakan di tempat yang tersembunyi. Intinya, jangan mencolok atau mengundang perhatian dari luar kabin," ucap Jusri.

Tindakan preventif lain yang bisa dilakukan adalah dengan memasang kaca film dengan intensitas sesuai dengan aturan. Dengan begitu, keadaan di kabin mobil tidak begitu terlihat dengan jelas dari luar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com