Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Berkendara di Malam Hari

Kompas.com - 23/04/2023, 17:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit masyarakat yang memilih melakukan perjalanan jarak jauh pada malam hari. Tujuannya untuk menghindari kemacetan atau baru selesai melakukan aktivitas.

Padahal, berkendara pada malam hari memiliki risiko yang lebih tinggi dan banyak ketimbang waktu siang.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan, salah satu alasan yang membuat risiko berkendara pada malam hari lebih besar adalah soal visibilitas.

Baca juga: Hindari Puncak Arus Balik, Ada Diskon Tarif Tol Mulai 27-29 April 2023

“Seterang-terangnya lampu kendaraan kita, tetap jauh lebih terang cahaya pada siang hari. Hal ini yang membuat visibilitas kita akan terbatas saat malam hari,” kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Tidak hanya itu, kondisi biologis atau fisik manusia yang sudah menurun saat malam hari juga menjadi peluang meningkatnya risiko kecelakaan.

Ilustrasi berkendara.unsplash.com/Viktor Bystrov Ilustrasi berkendara.

“Jam biologis manusia itu kalau sudah malam waktunya istirahat. Kalau digunakan untuk tetap beraktivitas tentu ada batasannya, pasti akan cepat lelah dan kantuk,” kata Jusri.

Namun, bagi yang ingin tetap melakukan perjalanan pada malam hari, menurut Jusri ada cara yang bisa dilakukan, yakni dengan cara mempersiapkan tubuh istirahat yang cukup saat siang hari.

Baca juga: Awas Arus Balik, Hindari Lonjakan Kendaraan pada 24-25 April 2023

“Kalau terpaksa harus berkendara pada malam hari, lakukan persiapan dengan tidur siang. Ini akan membantu badan menjadi lebih segar saat malam hari,” ucapnya.

Kondisi lalu lintas arus mudik Lebaran 2023 pada malam hari di Gerbang Tol Cikampek Utama, Selasa (18/4/2023).Dok. Jasa Marga Kondisi lalu lintas arus mudik Lebaran 2023 pada malam hari di Gerbang Tol Cikampek Utama, Selasa (18/4/2023).

Dengan kondisi badan yang lebih segar dan siap, kewaspadaan saat berkendara pun akan tetap terjaga. Sehingga bisa meminimalisir peluang terjadinya kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com