Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Orang Hentikan Motor Mencegah Jadi Korban Truk Gagal Menanjak

Kompas.com - 17/04/2023, 06:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus truk yang gagal menanjak masih sering terjadi di Indonesia. Biasanya pengendara yang ada di belakangnya bisa jadi korban karena tidak menjaga jarak yang aman.

Tapi, dalam video yang diunggah akun Lowslow di Instagram, terlihat beberapa pengendara motor menunggu di bawah tanjakan. Bisa dilihat juga ada truk yang sedang menanjak dan tampak kesulitan.

Memang pemandangan yang aneh, biasanya para pengendara motor tidak waspada dan tetap berada di belakang truk atau ikut menanjak. Ternyata memang ada dua orang yang menjaga di bawah, mencegah motor naik sebelum truk tersebut aman.

Baca juga: Penting, Jaga Jarak di Tanjakan Hindari Truk yang Tidak Kuat Nanjak

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LOWSLOW® Official (LS) (@lowslow.indonesia)

 

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, aksi kedua orang tadi bisa saja dilakukan karena di lokasi tersebut sering kejadian truk gagal menanjak.

"Jika kita berkendara pada kondisi jalan menanjak dan di depan ada truk atau bus, sebaiknya jangan berada tepat di belakangnya," ucap Agus kepada Kompas.com, Minggu (17/4/2023).

Baca juga: Viral Pesan Berantai Tambal Ban Online Gratis di Solo, Ini Faktanya


Saat motor tepat ada di belakang bus dan truk, maka pengendara ada di area blind spot. Memang sebaiknya harus agak menjauh atar berada di bagian yang terlihat oleh pengemudi.

"Jadi agak ke samping truk atau bus, supaya kalau tiba-tiba tidak kuat (menanjak) dan mundur, maka bisa segera menghindar," ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com