Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Truk Rawan Rem Blong, Sering-sering Cek Spion untuk Antisipasi

Kompas.com - 14/04/2023, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus truk yang hilang kendali kembali terjadi, kali ini di Tol Semarang-Solo Km 487 Jumat (14/4/2023) pukul 03.57 WIB.

Truk tersebut menabrak beberapa kendaraan di depannya, mengakibatkan enam orang meninggal dunia. Tentu kejadian seperti ini jadi momok di jalanan, sesuatu yang menakutkan.

Kalau melihat kejadian truk yang hilang kendali dan terus berulang, memang seharusnya ada tindakan dari pemerintah. Tapi sampai saat ini, penindakan terhadap truk yang kurang terawat sampai melakukan pelatihan pada pengemudi.

Baca juga: Video Truk Potong Lajur Sembarangan di Tol, Bisa Bikin Celaka Orang Banyak

Kendaraan yang terlibat kecelakaan di di Tol Semarang-Solo tepatnya di KM 487+600 atau persis di timur rest area Km 487 Boyolali, Jawa Tengah, pada Jumat (14/4/2023) pagi.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Kendaraan yang terlibat kecelakaan di di Tol Semarang-Solo tepatnya di KM 487+600 atau persis di timur rest area Km 487 Boyolali, Jawa Tengah, pada Jumat (14/4/2023) pagi.

Oleh karena itu, pengemudi di jalanan sebaiknya bisa punya cara untuk antisipasi. Cuma antisipasi yang bisa menghindari pengemudi dari terlibat tabrak belakang oleh truk.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia memberi saran bagaimana caranya untuk mengantisipasi kecelakaan, yaitu dengan mengecek spion.

"Kepada kendaraan di depan truk atau bus, coba sering-sering cek spion. Kalau lampu dari arah belakang datangnya tidak melambat, maka segera cari ruang di kanan-kiri-depan yang kosong," ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (14/4/2023).

Baca juga: Ini yang Terjadi kalau Injak Rem Saat Ban Mobil Pecah


Jadi bagi pengguna mobil, terutama saat malam hari, bisa mengawasi gerak-gerik truk atau bus yang ada di belakangnya lewat spion. Apabila ada truk yang blong dari arah belakang, pengemudi sudah tahu untuk mengarahkan mobilnya ke mana, yang aman.

Kemudian tidak ada salahnya memberi jalan ke kendaraan yang dari belakang terlihat buru-buru. Bisa jadi mobil atau truk tadi sedang blong, jadi terhindar dari tabrakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com