Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Buruk Mobil Jarang Dicuci, Kondensor AC Bisa Cepat Rusak

Kompas.com - 01/04/2023, 16:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - AC mobil memiliki rangkaian sistem yang terdiri dari beberapa komponen. Di antara bagian yang ada, kondensor dianggap sebagai komponen terpenting.

Kondensor dianggap penting karena memegang fungsi penyejukan udara. Secara singkat, tugas kondensor adalah menyalurkan freon untuk menghasilkan udara dingin di kabin mobil.

Karena fungsinya sangat penting, kesehatan dan kualitas kondensor harus selalu dijaga agar performanya optimal. Jika kondensor rusak, harus segera diganti baru.

“Penyakit utama kondensor itu cuma satu, yaitu kebocoran. Ada beberapa penyebabnya, tapi tanda-tanda kerusakannya sama,” kata Nizar Muzaki, Teknisi Bengkel Spesialis AC Dokter Mobil kepada Kompas.com, Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Apakah Benar Mobil dengan Kapasitas Mesin Besar Lebih Boros BBM?

AC MobilDenso AC Mobil

Menurut dia, tanda-tanda kerusakan kondensor yang bisa langsung diperhatikan adalah muncul bercak noda permanen pada permukaan kondensor.

“Kalau sudah ada noda yang enggak bisa hilang, itu tandanya kondensor mulai bocor. AC tetap sejuk, tapi pasti kesejukannya menurun,” kata Zaki.

Umumnya, masalah ini disebabkan oleh faktor usia penggunaan. Zaki menjelaskan, batas maksimal usia penggunaan kondensor mobil adalah sekitar 3 tahun.

Sebab lain yang bisa mempengaruhi kerusakan adalah kondensor sering kotor dan jarang dibersihkan. Tumpukan debu, lumpur, atau kotoran lainnya yang menyumbat permukaan kondensor bisa mempercepat proses kerusakan.

Baca juga: Ketahui Waktu yang Tepat Mengganti Wiper Mobil

Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC.

“Baiknya kondensor selalu dibersihkan dan mobil rutin dicuci. Kalau kotoran sampai numpuk, pendinginan enggak bisa maksimal karena banyak panel yang tersumbat. Kondensor juga bakal cepat rusak,” kata Zaki.

Supaya kualitas kondensor selalu terjaga, Zaki menyarankan pengguna untuk melakukan servis rutin pemeriksaan kondensor setiap 4 sampai 6 bulan sekali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com