Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantang Diabaikan, Ini 4 Fungsi Utama Ban Mobil

Kompas.com - 01/04/2023, 15:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban pada kendaraan, terutama untuk mobil, memiliki fungsi yang tak kalah penting dari peran mesin. Bahkan bisa dibilang, kegunaannya lebih krusial karena langsung bersinggungan dengan permukaan jalan.

Pada dasarnya, ban punya fungsi untuk menahan dan meneruskan tenaga putar dari mesin sehingga mobil bisa berjalan.

Karena itu, komponen yang satu ini juga wajib diperhatikan kondisinya dan mendapat perawatan.

Lebih detail, ada empat fungsi dari ban mobil yang wajib diketahui setiap pemilik kendaraan, yakni untuk menopang beban kendaraan, menyerap guncangan di jalan, meneruskan traksi dan gaya pengereman, dan merubah serta mengarahkan laju kendaraan.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Dampak Ban Mobil yang Kelebihan dan Kekurangan Udara

Bila perawatannya kurang, maka akan mempengaruhi keempat hal tersebut yang bila dikerucutkan lagi menyangkut pada dua aspek penting, yakni keselamatan dan kenyamanan.

Beberapa tipe ban merek Bridgestone.Kompas.com/Alsadad Rudi Beberapa tipe ban merek Bridgestone.

Fisa Rizqiano, Deputy Head Of OE Sales PT Bridgestone Tire Indonesia mengatakan, karena peran yang cukup penting, bahkan vital, pemilik mobil tak boleh cuek terhadap kondisi ban.

Menurut Fisa, bila memang sudah waktunya diganti, ada baiknya jangan ditunda-tunda. Sementara sebagai penanda kondisi ban yang sudah habis masa pakainya, ada sejumlah ciri yang bisa dijadikan patokan.

Baca juga: Beda Rp 1,5 Juta, Lebih Bertenaga Agya GR Sport atau Wuling Alvez CE?

"Ban memiliki tread wear indicator (TWI) yang merupakan tanda keausan sebuah ban. Jadi sebaiknya cek ketebalan tapak ban, cek enam posisi di shoulder dan wear bar, atau bentuk segitiga di sisi ban, juga bilah-bilah pada tapak ban," ujar Fisa dalam keterangan resminya, Kamis (30/3/2023).

Fisa menjelaskan, bentuk segitiga-segitiga kecil di sisi ban berfungsi untuk menunjukkan bahwa jika bagian tersebut sudah rata dengan dinding ban, maka ban sudah mencapai masa keausannya.

Membaca kode banKOMPAS.com/STANLY RAVEL Membaca kode ban

Dalam kondisi ini, artinya pemilik mobil harus mengeluarkan dana untuk pergantian ban. Apalagi bagi yang memang sedang mempersiapkan kendaraan untuk mudik Lebaran.

Sedangkan untuk wear bar bilah-bilah pada tapak ban, sudah harus diganti jika bagian itu sudah menunjukkan tidak lagi sejajar satu sama lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com