Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu yang Tepat untuk Spooring Kaki-kaki Mobil

Kompas.com - 29/03/2023, 18:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan kaki-kaki dan roda mobil harus rutin dilakukan oleh pengguna supaya performa mobil tetap baik dan kenyamanan berkendara terjaga.

Satu langkah perawatan yang umum dilakukan untuk meremajakan kondisi kaki-kaki mobil adalah spooring, di mana sudut roda mobil akan diatur dan kestabilan kaki-kaki diperiksa.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal menyarankan pengguna untuk rutin melakukan spooring dalam waktu atau jarak tertentu.

“Idealnya, spooring bisa tiap 3 sampai 4 bulan sekali, atau tiap kendaraan sudah mencapai jarak tempuh 20.000 kilometer,” katanya kepada Kompas.com, Selasa (28/3/2023).

Menurut dia, ada gejala-gejala umum yang menandakan mobil perlu spooring, misalnya, setir kemudi bergetar. Jika gejala ini sudah nampak, sebaiknya segera melakukan spooring walaupun belum memasuki waktu atau jarak tempuh yang dianjurkan.

Baca juga: Waktu yang Tepat Ganti Filter Oli Transmisi Mobil Matik

Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan. Kompas.com Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan.

“Bisa aja baru 10.000 kilometer, tapi tiap hari mobil digunakan melewati jalan bergelombang, banyak lubang, dan tidak rata. Kalau situasinya begitu, ya waktu untuk spooring jadi lebih cepat,” kata Zulpata.

Hal serupa juga disampaikan oleh Heri Purnomo, Kepala Pusat Staff Teknisi Nasmoco Group. Menurut dia, spooring sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari jika pengguna hendak melakukan perjalanan jauh.

“Musim mudik lebaran kan bentar lagi, sebaiknya spooring dilakukan jauh-jauh hari sebelum mudik, jangan mepet,” ucap Heri.

Menurut dia jika spooring dilakukan jauh-jauh hari, hal itu akan lebih aman karena pengguna bisa mengantisipasi adanya kendala atau masalah lainnya.

“Kalau ternyata masih berkendala, kan bisa dibawa kembali ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan ulang, jadinya enggak ribet,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com