Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Aksi Pemuda Tandai Jalan Berlubang Pakai Cat Semprot

Kompas.com - 29/03/2023, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi jalan yang berlubang cukup berbahaya dan mengancam keselamatan pengendara, terutama untuk pengguna roda dua. Kecelakaan bisa terjadi karena motor menerjang lubang, terutama pada malam hari.

Untuk mencegah kecelakaan akibat jalan berlubang, sejumlah pemuda di Gresik melakukan perbuatan terpuji dengan memberi tanda jalan berlubang menggunakan cat semprot.

Aksi itu pun viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Tiktok bernama @sate.bakar.id. Dalam rekaman tersebut, terlihat sejumlah pemuda memberi tanda jalan berlubang menggunakan cat semprot berwarna putih.

Baca juga: Apa Benar Karakter Ban MT Bergetar Saat Digunakan di Aspal?

“Bukan apa-apa, hanya tidak ingin terjadi apa-apa,” tulis keterangan unggahan tersebut.

@sate.bakar.id Bukan apa apa, hanya tidak ingin terjadi apa apa #gresik24jam #polresgresik #foryoupage #explore ? suara asli - Sadvibes????

Video itu pun mendapat berbagai komentar dari warganet, tak sedikit dari pengguna jalan yang merasa terbantu dengan aksi sejumlah pemuda itu.

“Sederhana tapi sangat bermanfaat,” tulis akun @nakcomell27.

Ini berguna banget, apalagi pulang malam sendirian habis dari apotek,” tulis akun @miawmiauw.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, memberi tanda jalan berlubang menggunakan cat semprot cukup membantu pengendara motor agar lebih bisa berhati-hati dengan adanya potensi bahaya di jalan, seperti jalan berlubang dan rusak.

“Apalagi jika cat semprot itu menggunakan warna yang cerah sehingga pada saat jalan gelap maka mata pengendara dapat melihat tanda tersebut,” kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (29/3/2023).

Kondisi jalan berlubang di Jalan Raya Margonda, Depok atau tepatnya di depan Klinik Pertamedika Inc pada Senin (9/1/2023).KOMPAS.com/M Chaerul Halim Kondisi jalan berlubang di Jalan Raya Margonda, Depok atau tepatnya di depan Klinik Pertamedika Inc pada Senin (9/1/2023).

Namun, Agus melanjutkan, cat semprot tersebut hanya berfungsi sebagai penanda. Perihal pengendara bisa menghindar lubang tersebut atau tidak tergantung dari kemampuan si pengemudi dalam mengoperasikan kendaraannya.

Baca juga: Kenali Tanda Minyak Rem Mobil Harus Segera Diganti

“Apabila dia sadar terhadap tanda-tanda bahaya yang ada di jalan maka dia akan mengurangi kecepatan kendaraannya agar bisa lebih aman dalam melewati jalan tersebut,” ucap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com