Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Kasus Kecelakaan Motor di JLNT Casablanca

Kompas.com - 28/03/2023, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor memang dilarang untuk melintasi Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca. Rambu larangannya sudah jelas, terpampang di awal masuk jalan layang.

Sayangnya, rambu tadi tidak digubris oleh pengendara motor. Masih banyak terlihat pengendara yang naik ke JLNT yang sebenarnya membahayakan dirinya sendiri.

Pihak kepolisian memang kerap melakukan aksi tilang elektronik di JLNT tersebut. Tapi, itu cuma dilakukan saat siang hari, di mana para pengendara motor saat ini sering menggunakan JLNT sebagai trek kebut-kebutan.

Baca juga: Motor Kebut-kebutan di JLNT Dikeluhkan Warga, Polisi Belum Berkomentar

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Sebagai pengingat, ada beberapa kejadian kecelakaan yang pernah terjadi di JLNT Casablanca. Harapannya, deretan kejadian ini dijadikan pelajaran dan pemahaman bahayanya melintasi jalan layang bagi pengendara motor.

Kejadian pertama yang cukup miris terjadi pada 2014, tepatnya di Januari. Seorang perempuan bernama Wiwin tewas setelah terjatuh dari JLNT karena tertabrak mobil saat melawan arus menghindari razia.

Datang dari arah Kampung Melayu, Wiwin yang dibonceng suaminya (Faisal) tiba-tiba menghentikan laju motornya saat sudah di tengah JLNT. Bersama pengendara motor lain, Faisal berbalik arah saat mengetahui ada razia polisi di ujung JLNT.

Baca juga: Terminal Pulo Gebang Punya Penginapan buat Pemudik, Cuma Rp 15.000 Per Hari

Naas, saat melintas di ruas JLNT di depan ITC Kuningan, Wiwin dan Faisal ditabrak mobil. Wiwin terpental hingga jatuh ke kolong JLNT dan Faisal terkapar di lokasi tabrakan.

Lalu di 2021, pernah ada kejadian kecelakaan karena motor yang naik ke JLNT. Pada kejadian tersebut, terlihat rombongan pengendara motor mengurangi kecepatan di tengah jalan, berakibat mobil yang ada di belakangnya hilang kendali.

Ketika mobil tidak bisa dikendalikan, jadi sempat menabrak beton pemisah di sisi kanan sampai akhirnya mobil terbalik. Tentu ini efeknya saat motor sembarangan naik ke JLNT Casablanca.

Kecelakaan lain yang pernah terjadi di JLNT Casablanca terjadi pada September 2022. Terlihat ada rombongan motor yang kebut-kebutan di JLNT Casablanca.

Kemudian, pada video yang beredar di media sosial, terlihat satu pengendara terjatuh dari motornya. Rombongan yang terlalu rapat dan kebut-kebutan ini pun tidak bisa menghindari orang yang jatuh tadi, jadinya terlindas.

Lalu, akhir-akhir ini rombongan motor yang suka naik ke JLNT Casablanca jadi keluhan warga yang tinggal di sekitarnya. Mereka kerap mondar-mandir saling memacu kecepatan, menghasilkan suara yang bising karena knalpot yang sudah tidak standar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com