Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2023, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan AC mobil tentunya membuat pengendara nyaman saat berada di kabin. Selain itu, AC juga berfungsi menghapus embun di kaca yang menggangu visibilitas mengemudi. 

Untuk itu, pemilik mobil perlu merawat AC dan memahami teknis penggunaan komponen tersebut. Saat musim hujan, kaca mobil mudah berembun. Butuh penyesuaian suhu di dalam kabin, agar AC cepat menghilangkan embun yang menempel. Lantas bagaimana caranya? 

Kepala Bengkel Nissan Setiabudi Semarang Andika Herda Permana menjelaskan, suhu udara kabin mempengaruhi kenyamanan penumpang dan membuat pengemudi terbantu untuk menghindari kaca berembun. 

Ilustrasi AC MobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC Mobil

"AC yang dingin, antara suhu udara di luar dan dalam kabin sama. Jadi tidak ada embun. Beda jika mobil tidak ada fitur AC-nya, jika kaca rapat pasti embun menutupi kaca depan dan samping. Selain penumpang nyaman, pengemudi juga terbantu untuk masalah visibilitas," kata Andika. 

Baca juga: Kenali Penyebab AC Mobil Bau, Salah Satunya karena Tikus Bersarang

Suhu AC yang dingin akan membuat uap air terhisap untuk digantikan udara yang sejuk dan kering. Kabin mobil yang lembab berdampak buruk, kaca mobil menjadi cepat berembun. 

Embun itu dapat dihilangkan dengan menurunkan suhu udara kabin. 

"Perlu di setel ulang suhunya. Jika udara lembab tidak juga hilang. Tapi, dilihat dulu. Embun yang menempel di kaca itu berasal dari luar atau dalam kabin. 

Kepala Bengkel Daihatsu Majapahit Semarang Sapto Pamungkas menjelaskan, saat hujan pengemudi jangan pernah mematikan AC. 

Kebiasaan mematikan AC agar tidak kedinginan saat berkendara ditengah hujan membuat kaca menjadi berembun.

Panel ACKompas.com/Erwin Setiawan Panel AC

"Biasanya kedinginan AC dimatikan. Padahal kaca menjadi mudah sekali berembun. Suhu di dalam kabin kan lebih hangat," kata Sapto. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com