Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Ban Mobil Diprediksi Membaik Tahun 2023

Kompas.com - 21/02/2023, 14:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diterpa badai pandemi Covid-19, sektor industri otomotif perlahan mulai bangkit. Terlebih saat pemerintah menggelontorkan kebijakan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) 100 persen untuk pembelian mobil baru.

Tak hanya penjualan mobil, pasar komponen kendaraan seperti ban juga diperkirakan akan membaik di tahun 2023. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Mukiat Sutikno, Managing Director PT Bridgestone Tire Indonesia.

Baca juga: Pilihan Motor Listrik dengan Jarak Tempuh Tembus 80 Km di IIMS 2023

“2023 kalau kita lihat secara keseluruhan bisa cukup baik. Tapi memang seperti kita ketahui tahun lalu itu bukan hanya Indonesia tapi negara lain juga terkena dampak inflasi, spesifik Indonesia September 2022 kita kan ada kenaikan bahan bakar kurang lebih rata-rata 30 persen,” ucap Mukiat, Selasa (21/2/2023).

Promo ban Bridgestone di IIMS 2023KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Promo ban Bridgestone di IIMS 2023

“Jadi memang dampak dari september itu, bisa dikatakan menurut kami sampai kuartal 1 tahun ini dampaknya masih dirasakan,” lanjutnya.

Pihaknya berharap, industri ban di Indonesia akan jauh lebih baik di tahun 2023, terlebih lagi setelah pemerintah memperbolehkan masyarakat melakukan perjalanan mudik Lebaran.

“Dibandingkan dengan lebaran 2022 tahun lalu, seperti yang kita ketahui masyarakat baru boleh mudik itu kan sebulan sebelumnya. Sedangkan tahun ini PPKM mulai januari sudah mulai tidak ada, persiapan konsumen untuk mudik atau liburan itu akan lebih siap, dan tentunya ini jadi pemicu ekonomi 2023 akan menjadi lebih baik,” kata Mukiat.

Baca juga: Pilihan Mobil Harga Rp 400 Jutaan di IIMS 2023

Sebagai informasi, PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) merupakan bagian dari Bridgestone Corporation, pemimpin global dalam layanan mobilitas berkelanjutan dan solusi tingkat tinggi.

PT Bridgestone Tire Indonesia memiliki dua pabrik di Bekasi dan Karawang yang memproduksi ban untuk kendaraan penumpang dan komersial untuk memberikan nilai sosial dan nilai pelanggan.

Produk dari Bridgestone Indonesia dijual melalui distributor resmi dan jalur ritel seperti, Toko Model (Tomo), Bridgestone One Stop Service, Pusat Ban Truk Bridgestone dan lebih dari 1.500 toko yang menjual ban Bridgestone di seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com