Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bridgestone Rancang Ban Khusus Mobil Listrik

Kompas.com - 19/02/2023, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengikuti perkembangan zaman, populasi mobil listrik terus bertambah. Bahkan di Indonesia, mobil listrik dari berbagai merek sudah marak ditemui di jalan raya.

Selain teknologi mobil terus berkembang, industri ban juga harus mengikuti zaman. Saat ini teknologi pada ban juga menyesuaikan dengan kebutuhan kendaraan listrik, salah satunya untuk mendapat efisiensi tenaga.

Bridgestone menjadi salah satu merek ban yang terus menghadirkan inovasi terbaiknya. Salah satu inovasi terakhir yang dibawa adalah Enliten yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik.

Baca juga: Bridgestone Ramaikan IIMS 2023 dengan Ragam Produk Unggulan

Promo ban Bridgestone di IIMS 2023KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Promo ban Bridgestone di IIMS 2023

Penerapan teknologi Enliten membuat ban menjadi lebih ringan karena menggunakan material yang lebih sedikit. Selain itu, Bridgestone membuat bannya dengan hambatan gulir yang rendah dengan manfaat yang signifikan.

Ban yang ringan dan hambatan gulir rendah membuat konsumsi BBM pada mobil konvensional bisa lebih hemat. Selain itu untuk kendaraan listrik, bisa menghemat pemakaian baterai cukup signifikan.

Sebelumnya, teknologi ini sudah sempat dikenalkan secara global pada tahun 2020 lalu dan langsung digunakan pada mobil listrik Volkswagen ID.3. Teknologi itu disematkan pada Turanza Eco yang dirancang sangat khusus dengan bahan baku lebih sedikit.

Baca juga: AHY Tertarik Beli Minibus Listrik Esemka Bima EV?

Untuk mencapai visi berkontribusi mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan, Bridgestone menginformasikan bahwa dalam setiap pengembangan produknya selalu mengacu pada tiga faktor yaitu Environment, Safety atau keselamatan berkendara, dan Satisfaction atau kepuasan pelanggan.

Dari sisi enviroment, pengembangan ban dengan teknogi Low Rolling Resitence (LRR) oleh Bridgestone menjadi salah satu solusi untuk membantu mengurangi emisi gas karbon kendaraan melalui efisiensi bahan bakar.

Pengembangan ban dengan teknogi Low Rolling Resitence (LRR) oleh Bridgestone menjadi salah satu solusi untuk membantu mengurangi emisi gas karbon kendaraan melalui efisiensi bahan bakar.

Volkswagen resmi memperkenalkan mobil listrik pertamanya, VW ID.3.KOMPAS.com/Ruly Volkswagen resmi memperkenalkan mobil listrik pertamanya, VW ID.3.

Fisa Rizqiano, Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia mengatakan, faktor rolling resistance sangat memengaruhi konsumsi BBM.

"Faktor rolling resistance pada konsumsi bahan bakar kendaraan cukup besar, yaitu mencapai 23 persen. Jadi kalau faktor hambatan gulir pada kendaraan dapat dikurangi, maka otomatis konsumsi bahan bakar pun akan menjadi semakin efisien,” jelas Fisa, Minggu (19/2/2023).

Soal keselamatan berkendara, Bridgestone merancang produknya selalu mampu memiliki performa yang tinggi di berbagai situasi, baik basah atau kering.

Sedang untuk sisi satisfaction, produk ban Bridgestone direkayasa untuk memberikan sensasi berkendara terbaik bagi pengemudi yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari kendaraan performa tinggi mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com