Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Bawa Batu Terguling di Jaksel, Alphard Jadi Korban

Kompas.com - 14/02/2023, 16:46 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang melibatkan truk kembali terjadi. Kali ini, ada truk yang terguling di daerah Jl. Sagu Ragunan, Jakarta Selatan diduga karena tidak kuat menanjak, Selasa (14/2/2023) siang.

Pada video yang diunggah akun Jakarta Terkini di Instagram, terlihat truk sudah dalam posisi terguling. Muatan yang dibawa pun berhamburan di jalanan dan bodi truk tampak mengenai Toyota Alphard yang ada di belakangnya.

Menanggapi kejadian seperti itu, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, sebagai pengemudi yang ada di dekat truk harus paham yang namanya jaga jarak aman untuk menghindari apes.

Baca juga: Menghindari Motor, Bus ALS Terguling hingga Masuk Jurang

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Terkini (@jakarta.terkini)

 

"Sebuah kecerobohan dari pengemudi tidak menjaga jarak. Jarak aman harus diciptakan tidak hanya di jalan yang rata, tapi juga menanjak," ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (14/2/2023).

Menurut Sony, jaga jarak aman di jalanan menanjak tidak kalah penting, bahkan risiko bahayanya lebih besar. Apalagi di jalanan Indonesia, masih sering ditemui truk yang kelebihan muatan atau ODOL yang berpotensi gagal menanjak.

"Potensi bahaya dari jalan menanjak adalah gagal nanjak yang banyak terjadi pada kendaraan-kendaraan besar," ucap Sony.

Baca juga: Pilihan Mobil Baru Harga di Bawah Rp 200 Juta


Oleh karena itu, sebagai pengguna jalan harus buat kebiasaan memberi ruang atau berhenti dulu di bawah tanjakan saat ada truk atau kendaraan lain yang mau menanjak.

"Biasakan memberi ruang atau berhenti dahulu untuk kendaraan besar melintas sampai ke puncak, baru kendaraan di belakangnya menyusul," kata Sony.

Terakhir, lihat juga kondisi jalan tanjakan yang akan dilewati. Kalau diperhatikan pada video, jalannya sempit dan cuma ada dua jalur, artinya tidak ada ruang untuk menghindar jika terjadi gagal menanjak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com