Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Motor Bebek Honda Masih Bertahan meskipun Kecil

Kompas.com - 14/02/2023, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor bebek Honda di Indonesia menjadi salah satu produk yang banyak digunakan pada zamannya. Berbagai jenis mulai dari C70, Astrea, sampai Supra X menjadi model yang banyak dipilih masyarakat Indonesia.

Memasuki awal 2000-an, hadir skuter matik (skutik) yang lebih praktis daripada motor bebek. Honda meluncurkan BeAT, lalu ada Vario, serta hadir juga skutik dengan mesin besar seperti PCX dan sebagainya.

Sejak periode tersebut, motor bebek seperti ditinggalkan. Jika dulu orang memilih motor pertama adalah motor bebek, tapi sekarang tampaknya sudah berganti jadi skutik.

Baca juga: Soal Performa Motor RC213V, Marquez Tak Ingin Intervensi Teknisi Honda

Honda Revo X Attractive Red 2022.                    Foto: AHM/Bayu muharram Honda Revo X Attractive Red 2022.

GM Corporate Communication Astra Honda motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin mengatakan, jenis motor bebek saat ini memang tidak sebesar matik peminatnya, tapi masih ada.

"Peminat motor ini biasanya mereka yang menyukai motor yang tangguh, nyaman, dan hemat bahan bakar," ucap pria yang biasa disapa Muhib kepada Kompas.com, Senin (13/2/2023).

Sejak awal, motor bebek memang jadi andalan karena ketangguhannya. Bahkan motor ini kerap dijadikan kendaraan kerja seperti delivery makanan, sampai motor untuk mengantar surat atau pos.

Baca juga: PO Mulyo Indah Luncurkan Layanan Sleeper Bus


"Tahun lalu, motor bebek Honda terjual 239.784 unit atau berkontribusi sekitar enam persen terhadap total penjualan AHM," kata Muhib.

AHM juga tetap memberikan penyegaran pada lini produk bebek, walau bukan yang total baru. Misal untuk Revo, diluncurkan Revo X yang mendapatkan penyegaran desain striping baru di Januari 2023.

"Honda Supra X 125 juga memiliki tampilan warna dan stripe terbaru pada Maret 2022," kata Muhib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com