Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Macet, Dua Putaran Balik di Jalan Daan Mogot Ditutup

Kompas.com - 12/02/2023, 12:05 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana menutup sebanyak 27 titik putar balik atau u-turn di Ibu Kota secara bertahap, Dua di antaranya adalah putaran balik di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, yang sering bikin macet.

Penutupan ini, sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, dilakukan sebagai upaya mengurangi kemacetan Ibu Kota.

Syafrin mengatakan, penutupan putar balik dilakukan secara bertahap hingga Juni 2023. Sebelum eksekusi dilakukan pihaknya bakal melakukan kajian dan evaluasi, sampai akhirnya mengimplementasikan aturan.

Baca juga: Bagnaia dan Pol Terlibat Senggolan di Tes Pramusim MotoGP Sepang 2023

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sudin Perhubungan Jakarta Barat (@sudinhubjakbar)

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Barat, Muslim, mengatakan, sejauh ini pihaknya telah menutup dua dari delapan u-turn yang tersebar di sejumlah ruas jalan.

“Dua u-turn yang kami tutup berada di Jalan Daan Mogot, tepatnya di depan perumahan Casa Jardin Victoria Resindence,” ujar Muslim, dalam keterangan tertulis (11/2/2023).

Upaya penanganan kemacetan terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat. Salah satunya dengan menutup u-turn atau titik putaran balik yang kerap menjadi penyebab kemacetan.

Baca juga: Diskon Isuzu Mu-X di Jawa Tengah Tembus Rp 10 Juta

Upaya penutupan dua titik u-turn di Jalan Daan Mogot tersebut dilakukan beberapa waktu lalu menggunakan MCB beton.

Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Sudinhub Jakarta Barat, Slamet Dahlan mengatakan, enam dari delapan titik u-turn yang belum ditutup yakni, dua titik di Jalan Palmerah Utara, dua titik di Jalan Kembangan Utara, satu titik di Jalan Outer Ring Road dan satu titik di Jalan KH Mas Mansyur.

“Penutupan u-turn dilakukan sebagai upaya rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan,” ucap Slamet.

"Uji coba dilakukan untuk mengetahui penutupan u-turn membawa manfaat bagi banyak orang khususnya pada saat jam sibuk pagi dan sore hari mampu mengurai kemacetan arus lalu lintas," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com