Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Desain 2 Mobil Listrik, Toyota bZ4X Vs Hyundai Ioniq 5

Kompas.com - 08/02/2023, 13:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cepat atau lambat mobil listrik diprediksi bakal booming di Indonesia. Saat ini beberapa pabrikan roda empat juga sudah menawarkan mobil listrik buat konsumen yang tertarik menjaga alam.

Pemerintah juga terus mendorong percepatan penyerapan mobil listrik dengan berbagai kebijakan. Salah satu yang paling baru ialah rencana kebijakan adanya insentif alias subsidi jika membeli kendaraan listrik.

Baca juga: Harley-Davidson Segera Jadi Perusahaan Motor Listrik

Foto stok: Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

Di kelas SUV ada beberapa mobil listrik yang bisa dilirik. Di Indonesia, Toyota menawarkan Toyota bZ4X sedangkan pabrikan asal Korea Selatan yang sedang gencar penetrasi yaitu Hyundai menawarkan Hyundai Ioniq 5.

Kelebihan dan kekurangan masing-masing sudah pernah dibahas. Kini Kompas.com akan membandingkan keduanya dari sisi desain terlebih dahulu. Sebab desain merupakan faktor besar seseorang membeli mobil.

Mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Toyota bZ4X meluncur pada akhir 2022. Tampilan SUV listrik asal Jepang ini punya desain yang lebih familiar, atau hampir-hampir mirip dengan SUV konvensional yang dipasarkan di Indonesia saat ini.

Baca juga: Skutik Bekas Jadi Incaran Remaja Untuk Dimodifikasi

Hanya saja, bagian grille dibuat lebih simple dengan lampu depan yang dibuat tipis sehingga membuat terlihat agresif. Insinyur Toyota pintar menganalisa bentuk yang membuat orang langsung paham bahwa ini merupakan mobil listrik.

Toyota bZ4X memiliki dimensi panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi, 1.600 mm, serta ground clearance yang lebih tinggi dari Hyundai Ioniq yakni 180 mm.

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).

Adapun Hyundai Ioniq memiliki tampilan yang futuristik layaknya mobil masa depan. Hal ini terlihat dari desain mobil yang dibuat mengotak, lengkap dengan lampu depan dan belakang memanjang yang modern.

Baca juga: Kolaborasi Ford dan Red Bull di Formula 1 akan Hasilkan Mobil Listrik

Lampu depannya menggunakan Parametric Pixel LED Headlamps, yang berpadu dengan Front Center Garnish Hidden LED memberikan aksen kebaruan yang menonjol dan berbeda dengan produk dari pabrikan lain.

Toyota bZ4XKompas.com/Nanda Toyota bZ4X

SUV listrik asal pabrikan Korea Selatan ini memiliki dimensi panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm, dan tinggi 1.647 mm, serta ground clearance 160 mm.

Soal harga, Toyota bZ4X memiliki dibanderol Rp 300 juta lebih mahal dibanding Ioniq 5. Toyota bZ4X dibanderol Rp 1,190 miliar, sedangkan Hyundai Ioniq 5 dibanderol Rp 859 juta untuk tipe paling mewah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com