Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2023, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokyo Auto Salon 2023 banyak menghadirkan mobil modifikasi. Tapi, sedikit berbeda dengan modifikasi pada Toyota AE86 ini, karena modifikasinya fokus pada dapur pacunya.

Dikutip dari Motor1.com, Jumat (13/1/2023), Toyota menghadirkan dua mobil konsep yang dibangun dari mobil lawas, yakni AE86.

Tapi, kedua mobil ini sudah tidak lagi menggunakan mesin konvensional. Satu mobil menggunakan mesin bertenaga hidrogen dan satu lagi bertenaga listrik.

Baca juga: Deretan Mobil Modifikasi Mitsubishi di Tokyo Auto Salon 2023

Untuk yang bertenaga hidrogen, disebut dengan AE86 H2 Concept. Sedangkan yang bertenaga listrik, diberi nama AE86 BEV Concept.

Toyota AE86 H2 Concept bermesin hidrogenDok. Motor1.com Toyota AE86 H2 Concept bermesin hidrogen

AE86 H2 Concept menggunakan bodi Trueno dengan lampu depan model lipat alias pop-up. Warna bodinya juga ikonik dengan model two tone hitam dan putih, seperti yang ada pada anime "Initial D" yang terkenal di kalangan pecinta otomotif dunia.

Jika dilihat dari luar, tampilannya seperti mobil standar. Padahal, ubahan di dalamnya cukup signifikan. Toyota telah memasang dua penyimpanan hidrogen bersumber Mirai yang ditempatkan di bagasi.

Mesin 4-silinder di balik kap mesinnya tetap dipertahankan. Tapi, dimodifikasi pada bagian injektor bahan bakar, pipa bahan bakar, dan businya, agar bisa sesuai dengan spesifikasi sistem hidrogen.

Baca juga: Sederet Modifikasi Mobil JDM di Tokyo Auto Salon 2023

Toyota menyebutkan bahwa pihaknya mengembangkan kendaraan ini dengan mempertahankan mesin pembakaran internal dan suara serta getaran yang dihasilkan.

Toyota AE86 EV Concept bermesin listrikDok. Motor1.com Toyota AE86 EV Concept bermesin listrik

Sedangkan AE86 BEV, menggunakan bodi Levin dengan lampu depan model standar. Dapur pacunya sudah diganti dengan motor listrik yang sumber tenaganya berasal dari baterai.

Motor listriknya diambil dari Tundra Hybrid, baterai pak dari Prius PHEV, dan komponen lainnya diambil dari model Toyota dan Lexus.

Uniknya, Toyota tetap mempertahankan sistem transmisi manual. Selain itu, keseimbangan bobotnya juga turut dipertahankan seperti aslinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.