Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat Sebut Sistem Tilang Poin SIM Bisa Menciptakan Efek Jera

Kompas.com - 02/02/2023, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi sedang menggodok untuk menerapkan sistem tilang poin pada SIM. Melalui sistem tersebut, SIM milik pengendara bisa dicabut jika sering melakukan pelanggaran lalu lintas berdasarkan perhitungan poin.

Sistem ini sejalan dengan penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) baik statis maupun mobile, di mana data pelanggar sudah tercatat dalam data base kepolisian.

Baca juga: Dibantu Red Bull, KTM Bikin RC16 Semakin Aerodinamis

Pemerhati masalah transportasi dan hukum, Budiyanto, menilai wacana tersebut sangat baik. Sistem poin dapat memastikan bahwa SIM bisa dicabut jika pengendara berkali-kali melakukan pelanggaran.

Jalan Gajah Mada, Krukut, Tamansari, Jakarta Barat, masih dijaga oleh polisi lalu lintas, meskipun penindakan tilang bagi pengendara yang melanggar aturan lalu lintas tidak lagi diberlakukan secara manual, Kamis (27/10/2022).Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Jalan Gajah Mada, Krukut, Tamansari, Jakarta Barat, masih dijaga oleh polisi lalu lintas, meskipun penindakan tilang bagi pengendara yang melanggar aturan lalu lintas tidak lagi diberlakukan secara manual, Kamis (27/10/2022).

"Saya yakin bahwa sanksi ini akan dapat memberikan efek jera bagi pelanggaran. Membangun disiplin perlu proses berarti perlu waktu,pengorbanan dan komitmen. Pemberian sanksi dapat memberikan efek jera merupakan bagian dari proses itu sendiri," kata Budiyanto dalam keterangan resmi, Kamis (2/2/2023).

Budiyanto berharap sistem poin di SIM dapat segera diterapkan. Sebab membangun disiplin memang perlu dilakukan dengan sistem yang kuat dan dapat dilaksanakan dengan tegas dan konsisten.

"Dengan tingkat pelanggaran dan kecelakaan yang relatif masih tinggi, pemberian sanksi dengan memberikan penandaan SIM bagi pengemudi yang melanggar tindak pidana lalu-lintas merupakan hal yang mendesak untuk dapat dilaksanakan segera," kata dia.

Baca juga: Siap-siap, Polisi Gelar Operasi Keselamatan 2023 Minggu Depan

Ilustrasi, BPJS Kesehatan akan menjadi syarat mengurus berbagai pelayanan publik, termasuk permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK).KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Ilustrasi, BPJS Kesehatan akan menjadi syarat mengurus berbagai pelayanan publik, termasuk permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK).

Sistem poin

Penandaan SIM bagi pengendara yang melanggar tindak pidana lalu-lintas dilihat dari jenis pelanggaran dan jenis kecelakaan.

Pelanggaran ringan berjumlah 1 poin, pelanggaran sedang 3 poin dan pelanggaran berat 5 poin,sedangkan untuk kecelakaan lalu-lintas poinnya yaitu 5, 10 dan 12 poin.

Pemilik SIM yang mencapai 12 poin akan diberikan sanksi penahanan sementara SIM atau pencabutan sementara sebelum ada putusan pengadilan. Sedangkan jika sudah mencapai 18 poin diberikan sanksi pencabutan SIM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com