Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Awal Jajal Citroen C3, Penantang Rocky dan Raize Asal Perancis

Kompas.com - 26/01/2023, 17:06 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kami berkesempatan menjajal penantang Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, Citroen C3, untuk pertama kalinya di jalanan Indonesia.

Walaupun singkat, tes jalan kali ini sudah bisa menggambarkan bagaimana performa dari compact SUV asal merek Perancis.

Di atas kertas, Citroen C3 mengusung mesin Puretech 82 berkapasitas 1.198 cc 3-silinder dengan tenaga 82 PS atau setara 80 Tk pada 5.750 rpm dan torsi 115 Nm pada 3.750 rpm.

Baca juga: Korlantas Bakal Setop Penggunaan Pelat RF Mulai Oktober 2023

Test drive Citroen C3KOMPAS.com/ADITYO WISNU Test drive Citroen C3

Tenaga mesin itu disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan, dengan pedal kopling yang terasa ringan.

Citroen mengklaim torsi mobil ini jadi yang paling besar di antara rival-rivalnya. Dan hal ini memang terasa saat mencoba akselerasi spontan, yang membuat badan langsung terasa tertarik ke belakang.

Saat gas diinjak, suara mesin sayup-sayup masih terdengar di kabin. Begitu juga dengan getaran khas 3-silinder yang masih terasa.

Baca juga: Yamaha Sebut YZR-M1 Bakal Makin Kencang di Sesi Tes Sepang

Jajal singkat Citroen C3KOMPAS.com/ADITYO WISNU Jajal singkat Citroen C3

Namun ketika dibawa cruising di tengah kota, interior terasa cukup hening. Hanya terdengar sedikit suara road noise dan bising lingkungan sekitar.

Padahal saat idle, suara mesin cenderung agak kasar. Terutama saat kita berada di luar atau jendela dalam keadaan dibuka.

Kemudian, handling mobil juga terasa anteng saat diajak menikung di tikungan parabola pada kecepatan 60 kpj. Meski body roll terasa, tapi mobil masih cukup nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com