Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Honda Grom Jadi Honda RCV-S Versi Mini

Kompas.com - 07/01/2023, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda RC213V-S bisa dibilang prototipe MotoGP yang legal untuk dikendarai di jalan umum. Populasinya tentu sangat terbatas ditambah harganya yang super mahal.

Bagi yang mau memiliki motor tersebut tapi dengan budget yang tipis, bisa lihat modifikasi yang dilakukan penjual di eBay yang menawarkan Honda Grom bergaya RC213V-S.

Dikutip dari Visordown, miniatur RC213V-S tersebut memakai basis Honda MSX125 Grom. Motor berukuran mini tersebut dibalut dengan bodi custom dengan livery iconic dari HRC.

Baca juga: Honda Malaysia Rilis Motor Bebek Baru, Saudara Revo

Modifikasi Honda Grom jadi bergaya RC213V-SVISORDOWN.com Modifikasi Honda Grom jadi bergaya RC213V-S

Tapi ini bukan sekadar Grom, pemiliknya memasang mesin Honda CBR300R pada sasis motor yang mini ini. Bukan itu saja, dipasang part-part modifikasi seperti piston 84 mm, kompresi naik jadi 12,5:1, dan cylinder kit baru.

Modifikasi pada mesin tidak berhenti di situ saja, injeksi diganti dengan model lebih besar dengan throttle body 42 mm. Knalpot sudah pasti diganti, cam-shaft, spring, sampai katup, semua diubah.

Sayangnya, si pemilik tidak mengunggah hasil tenaga dari modifikasi tersebut. Cuma, berawal dari mesin Honda Grom yang bertenaga 10 TK, tentu bisa ada kenaikan karena memakai mesin CBR300R yang lebih besar.

Baca juga: Mitsubishi Pajero Klasik dan Langka, Cuma 139 Unit di Dunia


Tapi dari modifikasi tersebut ada harga yang harus dibayarkan. Pada link eBay, Honda Grom bergaya RC213V-S ini dibanderol 10.000 US Dollar, setara Rp 155 jutaan.

Kalau di Indonesia, motor mini dengan harga tersebut memang kurang masuk di akal. Tapi perlu diapresiasi kreativitas pemilik Grom untuk melakukan ubahan pada motor yang total dan unik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com