Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Listrik Selis Klaim Punya TKDN Paling Tinggi di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Selis merupakan salah satu merek kendaraan listrik dalam negeri yang sudah hadir sejak 2011. Awalnya merek ini fokus pada sepeda listrik, namun belakangan Selis juga menjual motor listrik.

Memasuki usia ke 11 tahun, Selis mengklaim jadi motor listrik dengan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) paling tinggi di antara merek lainnya.

“TKDN ini mencapai 53 persen, karena kita pabrik sendiri, jadi kita bisa memproduksi berbagai komponen secara lokal,” ujar Wilson Teoh, Direktur Operasional PT Gaya Abadi Sempurna (Selis), kepada Kompas.com (27/12/2022).

“Ini pun sebenarnya kita yang tertinggi di Indonesia. Jadi itu yang nantinya jadi daya saing kita, baik sebagai pemasok di pemerintahan maupun di swasta,” kata dia.

Wilson juga mengatakan, ada sejumlah kelebihan motor listrik dengan TKDN yang tinggi. Salah satunya soal layanan purnajual yang lebih baik buat konsumen.

“Karena dengan TKDN yang semakin tinggi, purnajual pun semakin terjamin. Karena kita mampu memproduksi ini, tidak impor dulu kalau ada kerusakan dan sebagainya,” ucap Wilson.

Sebagai informasi, salah satu motor listrik yang dijual oleh Selis adalah E-Max. Produk ini diklaim jadi model paling diminati saat ini.

Selis E-Max dibekali baterai SLA 60 Volts dengan kapasitas 25 Ah dengan tenaga 1.200 Watt, dengan waktu pengisian daya listrik sekitar 5 jam.

E-Max mampu berlari dengan kecepatan 50 kpj, dan menempuh jarak 120 Km dalam sekali pengisian daya secara penuh, untuk model yang dilengkapi baterai ganda.

Motor listrik ini menggunakan dinamo yang terhubung secara langsung di roda sehingga mengurangi peluang kehilangan daya. Sehingga, motor listrik ini memiliki daya angkut mencapai 225 Kg.

Perihal harganya, E-Max dipatok mulai Rp 22 juta untuk yang baterai tunggal dan Rp 28 juta untuk yang dilengkapi baterai ganda.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/28/092200315/motor-listrik-selis-klaim-punya-tkdn-paling-tinggi-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke