Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez, Pebalap Dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGP Sekarang

Kompas.com - 28/12/2022, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez sudah enam kali menjadi juara dunia MotoGP. Total kemenangannya paling banyak di antara semua pebalap MotoGP sekarang ini.

Pada musim kesepuluhnya berada di kelas utama, Marquez sudah menjalani 154 kali balapan. Total kemenangan yang berhasil diraihnya mencapai 59 kemenangan.

Baca juga: Alex Marquez Ungkap Perbedaan Budaya Kerja Ducati dan Honda

Jumlah tersebut jadi yang terbanyak di antara para rival, para pebalap aktif yang masih berlaga saat ini di lintasan balap. Bahkan, jika total kemenangan semua pebalap MotoGP ini digabung, Marquez masih memegang rekor kemenangan terbanyak.

Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022Dok. HRC Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022

Setelah Marquez, pebalap dengan kemenangan terbanyak dipegang oleh Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia, masing-masing mencatatkan 11 kemenangan.

Maverick Vinales tercatat sudah meraih sembilan kemenangan. Sedangkan Alex Rins dan Miguel Oliveira, sudah meraih lima kemenangan.

Baca juga: Alex Marquez Ungkap Kakaknya Kesal dengan Kondisi di Honda

Jack Miller dan Enea Bastianini memiliki empat kemenangan. Lalu, diikuti oleh Franco Morbidelli dengan tiga kemenangan.

Marc MarquezFoto: Twitter Marc Marquez Marc Marquez

Brad Binder tercatat baru meraih dua kemenangan di kelas utama. Sementara Joan Mir, Jorge Martin, dan Aleix Espargaro, masing-masing baru merasakan satu kemenangan.

Total kemenangan para rival Marquez jika digabung baru berjumlah 57 kemenangan. Sedangkan, Marquez masih unggul dengan total 59 kemenangan.

Catatan kemenangan tersebut diyakini akan terus bertambah. Tentunya, jika Honda berhasil memberikan peningkatan pada RC213V sesuai dengan yang Marquez butuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com