Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpelanting Jadi Momok Menakutkan bagi Pebalap MotoGP

Kompas.com - 20/12/2022, 11:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat menonton ajang balap MotoGP, tak jarang pebalap mengalami kecelakaan. Biasanya ada dua jenis jatuh yang kerap dialami oleh pebalap, yaitu lowside dan highside.

Bicara soal highside, kecelakaan jenis ini menjadi yang cukup ditakutkan oleh pebalap. Pasalnya, kemungkinan terjadinya fatalitas lebih tinggi dibandingkan kecelakaan jenis lowside.

Highside merupakan kecelakaan di mana roda belakang meluncur ke sisi yang berlawanan saat menikung, lalu kembali mendapatkan grip, sehingga membuat motor dan pengendara terpelanting.

Baca juga: Perbedaan antara Bus Kota, Antarkota, dan Pariwisata Berdasarkan Fungsinya

Pebalap bisa terpental karena saat ban mendapatkan grip, sokbreker akan mengalami rebound atau pantulan balik yang cukup keras. Highside sendiri sudah membuat banyak pebalap cedera parah.

Salah satunya adalah Marc Marquez yang mengalami highside saat awal musim 2022 yang menyebabkan dirinya mengalami gegar otak dan menyebabkan diplopia.

Kemampuan Marc Marquez menyelamatkan motornya dikagumi para rivalnya.motogp.com Kemampuan Marc Marquez menyelamatkan motornya dikagumi para rivalnya.

Tak hanya Marquez, para rider MotoGP lainnya, seperti Fabio Quartararo, Jack Miller, dan Aleix Espargaro, turut berbagi cerita bagaimana kecelakaan itu begitu menakutkan ketika mereka berada di lintasan balap.

“Ini adalah kejatuhan paling berbahaya yang dapat Anda alami di MotoGP. Suatu kali saya mendarat dengan kaki saya dan mematahkan kedua tulang,” kata Quartararo, dikutip dari Motosan.es, Selasa (20/12/2022).

Pebalap KTM Tech3, Jack Miller, juga pernah mengalami momen-momen menegangkan usai mengalami highside saat berlomba.

"Dia melontarkanmu seolah melintasi bulan. Ini tidak menyenangkan. Saat Anda terpelanting dari jok motor, Anda langsung merasakan kantung udara mengembang saat Anda terbang terbalik di udara. Sedikit melegakan karena ada sesuatu antara Anda dan aspal saat menabrak,” kata dia.

Joan Mir (kanan-biru) melihat kondisi Jack Miller setelah keduanya bertabrakan di Tikungan 1 Sirkuit Algarve pada balapan MotoGP Portugal 2022, Minggu (24/4/2022) malam WIB.AFP/ PATRICIA DE MELO MOREIRA Joan Mir (kanan-biru) melihat kondisi Jack Miller setelah keduanya bertabrakan di Tikungan 1 Sirkuit Algarve pada balapan MotoGP Portugal 2022, Minggu (24/4/2022) malam WIB.

Sementara itu, Aleix Espargaro mengungkapkan sulitnya menerapkan langkah-langkah keamanan saat highside terjadi pada para pebalap.

Baca juga: Bukan buat Pengecualian, Ini Fungsi Pelat Nomor Khusus RF

“Anda bisa melakukan highside dengan cukup mudah, apalagi jika lintasannya cukup licin. Satu-satunya hal yang lebih buruk adalah ketika Anda jatuh di tengah lintasan dan sebuah sepeda motor menabrak Anda. Dalam hal ini sulit untuk melindungi pebalap,” kata Aleix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com